fbpx

Material baja memiliki berbagai keguanaan dari keperluan pembuatan rumah sampai hal-hal lainnya, berikut beberapa lanjutan dari artikel sebelumnya yang membahas mengenai hal tentang baja. Jika kamu belum membacanya silahkan klik di sini.

Sifat Baja

Material baja memiliki sifat yang berbeda-beda tergantung dari hasil yang memproduksinya. Dari sekian banyak material baja, pasti ada beberapa yang rusak.

Namun secara keseluruhan material baja memiliki ketahanan yang prima terhadap karat, sifat magnet yang kuat, koefisien muai yang rendah, tahan terhadap beban atau tekanan dan juga tahan terhadap asam.

Selain hal di atas, baja memiliki tampilan yang mengkilap serta memiliki karakter yang kuat, keras dan awet, sehingga sering digunakan sebagai bahan pembuatan perkakas.

Penggunaan Baja

Baja memiliki banyak kelebihan yang membuat material ini sering sekali dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, mulai keperluan konstruksi bangunan hingga peralatan-peralatan dapur.

Material baja juga bisa digunakan untuk pembuatan atap dan pagar rumah, pembuatan jembatan, rel kereta api, pembuatan menara, untuk material pembuatan produksi mesin, mobil, kapal dan pesawat terbang.

Material baja yang digunakan untuk memproduksi perkakas dan alat otomotif, hingga peralatan untuk masak seperti sendok, pancil dan lain-lain.

Jenis-Jenis Baja

Di pasaran terdapat berbagai jenis baja yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan konstruksi bangunan. Namun dari berbagai jenis baja, secara umum dikelompokkan menjadi dua jenis di bawah ini

Baja karbon (carbon steel)

yang terdiri lagi dari tiga macam baja, yaitu baja karbon rendah dengan sifat yang mudah ditempa, baja karbon menengah yang cenderung lebih kaku, serta baja karbon tinggi dengan karakter yang sangat kaku dan sulit untuk dibengkokkan ataupun dipotong.

Baja paduan (alloy steel)

yang diproduksi dari berbagai macam bahan untuk meningkatkan kekerasan, kekuatan tarik, menambah sifat mekanik pada temperatur rendah, serta meningkatkan ketahanan terhadap oksidasi dan reduksi. Baja paduan juga diklasifikasikan lagi menjadi tiga jenis, yakni baja paduan rendah dengan elemen paduan kurang dari 2,5%, baja paduan menengah dengan elemen paduan 2,5% hingga 10%, dan baja paduan tinggi dengan elemen paduan lebih dari 10%.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011