fbpx

Material untuk konstruksi terdiri dari berbagai jenis. Salah satu yang populer digunakan adalah baja, di mana material ini terkenal dengan kekokohannya sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan konstruksi termasuk pembangunan rumah.

Sayangnya, banyak yang mengira bahwa baja sama seperti besi. Padahal, kedua material tersebut memiliki sejumlah perbedaan sehingga mempengaruhi daya tahan dan cara pemakaiannya. Nah, sebelum kamu menggunakannya, yuk ketahui dulu serba-serbi baja di bawah ini!

Pengertian Baja

Baja diproduksi melalui perpaduan sejumlah material seperti besi, karbon, kromium, nikel, silikon, sulfur, mangan, alumunium, nitrogen, dan oksigen. Memiliki kekuatan tarik yang tinggi serta biaya pembuatan yang tergolong rendah, material baja ini menjadi favorit banyak orang untuk keperluan pembangunan rumah seperti konstruksi, pagar, hingga kanopi dengan baja ringan.

Jika besi terdiri dari unsur tunggal, adanya berbagai kombinasi bahan pada baja menjadikan material ini lebih kukuh. Terlebih lagi, baja diproduksi dengan campuran karbon dengan kandungan kurang dari 2,1% sehingga cocok difungsikan untuk berbagai keperluan.

Perbedaan Besi dan Baja

Seperti yang disebutkan di atas, baja terdiri dari berbagai macam bahan utama sedangkan besi merupakan material murni tanpa campuran bahan lainnya. Hal tersebut membuat besi dan baja memiliki karakteristik yang berbeda, yang mana besi lebih mudah berkarat sedangkan baja memiliki sifat anti karat dan tahan terhadap udara lembap. Meskipun demikian, besi memiliki tingkat elastisitas yang lebih tinggi daripada baja yang cenderung kaku.

Berkat adanya kandungan karbon pada baja, material ini pun memiliki tingkat kekerasan dan daya tarik yang lebih baik. Namun, yang paling mencolok ialah baja memiliki kekuatan 1000 kali lebih baik jika dibandingkan dengan besi murni, serta memiliki daya redam yang jauh lebih kecil sehingga penggunannya sangatlah luas.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011