Menanam Bunga Lotus dan Manfaatnya

Bunga lotus merupakan salah satu bunga yang memberikan ketenangan yang tumbuh di air. Untuk kamu yang ingin mengenal terlebih dahulu bunga ini, kamu bisa klik di sini.

Nah, tampa basa-basi lagi, berikut cara menanam bunga lotus beserta cara perawatan dan manfaatnya.


pinterest.com

Menanam bunga lotus dari biji membutuhkan kesabaran karena harus melalui serangkaian proses. Pertama-tama, siapkan biji lotus yang sudah diiris bagian kulit hitamnya. Saat mengiris, lakukan secara perlahan supaya tidak merusak bagian embrio yang berwarna putih. Kemudian, biji lotus yang sudah diiris perlu direndam dengan air. Janagn lupa untuk mengganti air dua kali sehari secara rutin.

Biarkanlah biji lotus terkena sinar matahari. Akar dan daun akan mulai muncul pada minggu kedua penyemaian. Inilah saat yang tepat untuk memindahkannya ke media tanam berupa tanah atau lumpur di dalam air. Pastikan tinggi media tanam tidak melebihi tinggi daun. Selanjutnya, biarkan bunga lotus tumbuh dengan sendirinya. Jika ingin memberikan pupuk, lakukan pada minggu kedua setelah dipindahkan ke media tanam.

Cara Merawat

Bunga lotus membutuhkan banyak sinar matahari untuk tumbuh subur. Jadi, pastikan kamu meletakkannya di tempat yang langsung terkena sinar matahari, ya! Akan tetapi, batang bunga lotus mudah patah sehingga lebih baik jika ada penghalang angin di sekitarnya.

Pada musim hujan, bunga lotus rawan terserang kutu daun. Berikanlah pestisida setiap dua minggu sekali sebagai bentuk pencegahan. Selain itu, supaya bunga lotus lebih sehat lagi, kamu perlu memberikan pupuk cair setiap dua bulan sekali. Meski berada di dalam air, daun lotus bisa saja kering dan layu. Oleh karena itu, pangkaslah bagian yang kering supaya tidak menyebar ke bagian lainnya.

Namun perlu di ingat, erpaduan tanaman dan air merupakan tempat yang tepat untuk jentik nyamuk berkembang biak. Akan tetapi, jika menggunaan obat jentik nyamuk akan membahayakan bunga lotus. Sebagai solusinya, kamu bisa memelihara ikan pemakan jentik nyamuk pada kolam bunga lotus.

Manfaat

Aroma yang dikeluarkan bunga lotus mampu menciptakan efek yang menenangkan. Namun, tidak hanya bermanfaat untuk menenangkan saja, bunga lotus juga memiliki manfaat lainnya. Bagian akar bunga lotus bisa dimasak dan sangat baik untuk tubuh. Pasalnya, tanaman ini mengandung serat, vitamin B, vitamin C, dan kalsium.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011

×