Ulasan Tentang Kayu Merbau (Kayu Keras Berkualitas). Sering digunakan sebagai bahan utama bangunan rumah, furnitur, dan perabotan, kayu merupakan salah satu material yang disukai oleh banyak orang di seluruh dunia. Terlebih lagi, kayu terdiri dari berbagai jenis yang masing-masing memiliki tampilan dan keunggulanya tersendiri.

Dari sekian banyak jenis material kayu, kayu merbau menjadi salah satu yang juga kerap digunakan untuk kebutuhan pembangunan rumah dan furnitur. Nah, bagi kamu yang tertarik dengan kayu merbau, sebelum menggunakannya simak ulasannya di bawahi ini!

kayu merbau
wikimedia.org

Asal Usul

Pohon Merbau atau ipil adalah sejenis pohon yang menghasilkan kayu keras berkualitas tinggi. Pohon merbau ini  banyak tumbuh di daerah luar pulau Jawa, seperti Sulawesi, Kalimantan, Papua, hingga Maluku. Karena kekerasannya, di wilayah Maluku dan Papua barat kayu ini juga dinamai kayu besi. Di Papua Nugini, kayu ini dikenal sebagai kwila; sedangkan nama-namanya dalam bahasa Inggris adalah mirabow, Moluccan ironwood, Malacca teak, dan lain-lain.

Karakter warna dan tekstur

Dari segi tekstur, kayu merbau memiliki karakter yang cenderung kasar dengan serat berbentuk melintang lurus. Namun, ada pula kayu dengan tekstur yang tidak beraturan. Dengan demikian, penggunaan kayu ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Sementara itu, karakter warna dari kayu ini adalah kuning kecoklatan, coklat kemerahan, hingga sedikit kehitaman. Pada umumnya, warna-warna dari kayu ini tergolong mirip dengan kayu jati sehingga sering digunakan sebagai alternatif pengganti kayu jati.

Tingkat Kekerasan

Seperti yang disebutkan di atas, kayu merbau mempunyai tingkat kekerasan yang tinggi. Selain itu, kayu ini juga tergolong sebagai golongan kayu berat sehingga sangat cocok digunakan untuk berbagai macam keperluan, mulai dari bahan pembuatan konstruksi rumah, material untuk membuat kusen pintu dan jendela, material utama produksi lantai parket, hingga pembuatan tiang. Tak hanya itu, banyak pula yang memanfaatkan kayu ini sebagai material pembuatan furnitur, seperti meja, kursi, rak TV, hingga dekorasi ukiran dengan finishing mengkilap yang terkesan mahal.

Itulah ulasan tentang kayu merbau ini kayu keras yang berkualitas.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan.

ban saktidesain

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011

×