Ulasan Singkat Tumpuan Sendi, Rol dan Jepit

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Ulasan Singkat Tumpuan Sendi, Rol dan Jepit

Dalam perhitungan struktur membuat sebuah bangunan atau jembatan terdapat istilah tumpuan. Tumpuan yang di maksud adlah tempat bersandarnya konstruksi dan reaksi pada tempat yang akan di bangun. Jenis tumpuan yang digunakan berpengaruh terhadap jenis konstruksi yang sering digunakan.

Tumpuan memiliki tiga jenis yang perlu kamu ketahui yaitu sendi, rol dan jepit. Nah pada artikel kali, memberikan sedikit ulasan tentang ketiga jenis tersebut. lansung saja simak di bawah ini!

Tumpuan Sendi

Tumpuan sendi secara umum di definisikan sebagai tumpuan yang dapat menerima gaya dari berbagai arah vertikal dan horizontal namun tidak mampu menahan momen RH dan RM.

Tumpuan sendi memiliki cara kerja yang mirip dengan engsel yang mengalami defleksi arah vertikal maupun horizontal dan hanya mengalami rotasi pada tumpuannya saja.

Tumpuan Rol

Tumpuan Rol secara definisi umum adalah tumpuan yang hanya dapat menerima gaya tegak lurus, dan tidak mampu menahan momen. engan demikian tumpuan rol hanya dapat menahan satu gaya reaksi yang tegak lurus dengan RV.

Jadi tumpuan rol dapat diartikan struktur yang tidak mengalami defleksi vertikal dan memiliki rotasi serta defleksi horizontal.

Tumpuan Jepit

Tumpuan Jepit secara umum di definisikan sebagai tumpuan yang dapat menahan gaya ke segala arah dan dapat menahan momen. Dengan demikian jepit mempunyai tiga reaksi yaitu reaksi dari tumpuan di atas yaitu RV, RH dan RM.

Tumpuan ini paling sering ditemukan di berbagai konstruksi bangunan daripada tumpuan-tumpuan di atas. Tumpuan ini juga dapat diartikan struktur yang tidak mengalami rotasi, serta defleksi dalam arah vertikal maupun horizontal.

Sekian ulasan singkat tentang tumpuan-tumpuan struktur bangunan atau jembatan di atas. semoga dengan membaca artikel ini kamu bisa menambah ilmu walaupun sedikit. Jangan lupa untuk cek artikel lainnya si saktidesain.com ya!

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Powered by WhatsApp Chat

×