fbpx

Jika kamu suka dengan hunian dengan gaya tradisional pastinya suka dengan aksen ukiran tradisional. Di indonesia sendiri ukuran tradisional telah umum digunakan sejak jaman dulu, setiap wilayah memiliki ukiran khasnya masing-masing dan biasanya ukiran-ukiran ini dapat kita temukan di bangunan-bangunan seperti candi, kursi, meja dan lain-lain. Nah bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut, berikut ulasan singkat mengenai ukiran tradisioal di indonesia.

Ukiran khas jawa

Salah satu ukiran yang umum kita jumpai adalah ukiran khas jawa. Yang khas dari ukiran jawa adalah kharakteristik pola yang menerapkan elemen alam seperti bunga, dedaunan hingga kuncup.

Ukiran khas melayu

Ukiran khas melayu yang banyak tersebar di sumatra di sekitarnya, pola dari ukiran khas melayuidentik dengan bentuk sulur-sulur atau rangkaian garis abstrak yang membentuk pola organik. Di daerah tertentu pola ini banyak mendapatkan pengaruh dari masuknya ajaran islam dan arab sehingga divariasikan dengan orname khas arab dan juga pola kaligrafi arab.

Ukiran khas bali

Ukiran yang sangat khas dan populer adalah ukiran khas pulau dewata. Jika pola ukir lainnya banyak di temukan pada material kayu, pola ukir tradisional khas bali ini di aplikasikan pada material batu. Ciri khas dari pola ukiran ini adalah bentuknya yang simetris dan juga sarat akan pola dan motif yang terpengaruh ajaran hindu-bali.

Ukiran khas dayak

Ukiran ini terbesar di pulau kalimantan dan sekitarnya di mana polayang di usung bentuk sulur melengkung dengan ujung yang meruncing. Ciri lainnya adalah penggunaan warna-warna terang yang mencolok sehingga mudah untuk di kenali. Dalam penerapannya ukiran dayak banyak di temukan pada rumah-rumah adat tradisional dan juga perlengkapan kesenian tradisional dayak.

Ukiran khas papua

Salah satu daerah yang terkenal dengan keindahan dan kekayaan seni ukiran adalah papua. Berbagai suku di papua memiliki ukiran tradisional yang berbeda-beda dan khas. Umumnya pola ukiran khas papua berbentuk manusia dan juga totem dengan penggunaan material kayu yang berwarna gelap. Pola ini banyak di temukan dekorasi asal papua.

Ukiran khas indonesia di indonesia sangatlah beragam karena atar belakang adat dan budaya di indonesia yang juga sangat kaya. Berbagai variasi ukiran bisa di aplikasikan pada hunian membawa suasana hunian yang lebih tradisional dan juga etnik.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011