Tips-Tips Menghemat Pengeluaran listrik

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Tips-Tips Menghemat Pengeluaran listrik. Saat pemasangan listrik baru sekarang ini sudah jarang yang menggunakan 45wat, rata-rata pemasangan listrik baru itu menggunakan 900wat. Dan kenaikan tarif dasar listrik, terkadang tidak menentu sehingga para pengguna listrik harus mempraktikkan cara atau tips-tips menghemat listrik. Terlebih jika kamu menggunakan banyak alat elektronik, maka kamu harus mencari cara agar pengeluaran listrik tidak membengkak.

Nah, pada artikel kali ini, kami akan membagikan tips menghemat listrik yang efektif agar pengeluaran listrik terpotong menjadi lebih sedikit. Langsung saja simak di bawah ini!

pengeluaran listrik

Mencabut Kabel 

Apakah kamu terbiasa membiarkan charger ponsel selalu terhubung ke stop kontak saat tidak dipakai? Atau mungkin kamu juga sering membiarkan perangkat TV dan komputer selalu aktif dalam mode standby? Jika iya, sebaiknya segera lakukan cara menghemat listrik dengan menghentikan kebiasaan tersebut karena arus listrik akan terus mengalir saat kabel tetap terhubung dengan stop kontak dan perangkat dalam mode standby. Dengan mengubah kebiasaan ini, daya listrik tidak akan terbuang secara percuma dan tagihan listrik pun akan berkurang.

Mengganti Lampu dengan LED

Untuk melakukan cara menghemat listrik, kamu pun sebaiknya mulai meninggalkan penggunaan lampu pijar, halogen, atau fluorescent yang pengoperasiannya memerlukan daya tinggi. Sebagai gantinya, cobalah beralih dengan menggunakan lampu LED (Light Emitting Diodes) yang dapat menghemat energi listrik. Selain itu, cara menghemat listrik dengan menggunakan lampu LED ini juga lebih awet, ramah lingkungan, dan sejuk. Lampu LED sendiri memiliki berbagai macam model sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan keinginanmu.

Coba beralih ke peralatan elektronik modern

Pada zaman dahulu, peralatan elektronik yang memerlukan daya listrik besar bukanlah masalah karena biaya pemakaian listrik masih mendapatkan subsidi dari pemerintah. Namun, saat ini penggunaan listrik sudah tidak lagi mendapatkan subsidi pemerintah.

Oleh karena itu, sekarang saatnya kamu berinvestasi dengan beralih menggunakan peralatan elektronik rumah tangga modern yang umumnya telah dilengkapi fitur hemat energi. Selain membuatmu bisa melakukan cara menghemat listrik, penggunaan peralatan elektronik modern juga sekaligus menjaga lingkungan dari efek karbon yang berbahaya.

Itulah tips-tips cara menghemat listrik, ya meskipun tidak secara signifikan mengurangi penggunaan daya listrik. Namun paling tidak, pengeluaran listrik tidak membengkak.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan. Dan juga cek channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Powered by WhatsApp Chat

×