fbpx

Dinding yang tampil polos tanpa dekorasi dapat membuat ruangan terlihat monoton dan kaku. Salah satu elemen dekorasi yang cukup personal dipilih berdasarkan selera pribadi, karya seni sering digunakan untuk mengisi kekosongan tersebut.

Karya seni sendiri tidak harus berupa mahakarya dari pelukis atau seniman ternama. Lukisan seperti wall art sederhana atau karya dua dimensi buatan sendiri juga bisa dimanfaatkan sebagai elemen dekorasi di rumah.

Saat hendak memajangnya, kamu juga perlu mempertimbangkan ukuran, desain bingkai foto, dan bentuk simetri dari susunan yang kelak akan dihasilkan. Ikuti tips-tips berikut agar kamu dapat memajang karya seni pada dinding dengan cantik.

Menyusun secara linear

houzz.com

Untuk mengikuti susunan ini, paling tidak kamu harus memiliki tiga jenis karya seni yang berbeda. Beberapa karya tersebut kemudian diletakkan dalam satu garis lurus, susunannya bisa dilakukan baik secara vertikal maupun horizontal, hal ini bergantung dengan perspektif yang ingin diciptakan.

Jika ingin dinding terlihat lebih lebar, terapkan susunan horizontal, sebaliknya untuk karya seni yang disusun secara vertikal membuat plafon rumah terlihat lebih tinggi. Penyusunan karya ini tidak sebatas untuk bingkai yang berukuran sama, susunan overlapping dari bingkai-bingkai karya yang berbeda ukuran ini juga membuatnya tampil lebih dinamis.

Membentuk grid

pinterest.com

Setiap karya seni diletakkan secara simetri membentuk susunan baris dan kolom, dengan tiap-tiap bingkainya diberikan jarak yang sama. Sesuaikan jumlah karya dengan baris dan kolom yang akan diisi. Untuk kamu yang memiliki koleksi karya seni dan berencana menjadikannya sebagai focal point di ruangan, cara ini dapat kamu terapkan.

Meletakkan secara acak dinamis

desenio.com

Jika kamu memiliki koleksi karya seni dengan ukuran yang yang beragam, coba letakkan secara acak hingga membentuk cluster atau kelompok-kelompok. Meskipun disusun dengan bebas dan tanpa mengikuti aturan tertentu, namun sebisa mungkin susunannya tetap memperlihatkan komposisi yang berimbang. Susunan karya seni yang acak akan membuatnya terlihat lebih artistik.

Untuk lebih mudah menentukan komposisi rangkaiannya, buatlah skema atau template susunan bingkai karya seni terlebih dahulu, sehingga kamu tidak perlu repot-repot melepas dan memasang kembali karya dari dinding rumah.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011