fbpx

Musim hujan sudah tiba, dan hujan pun idak turun tiap hari melainkan hanya beberapa jam biasanya. Maka dari itu sejumlah persiapan bisa kamu lakukan untuk menjaga atap agar tidak merembes.

Berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk memastikan atap terbebas dari bocor dan rembes.

Periksa Kondisi Plafon Rumah

Plafon rumah yang sudah mengalami pelapukan, lembap dan rusak juga bisa mengakibatkan rembes dan mengganggu kualitas udara yang tersebar di dalam ruangan. Maka dari itu, segera periksa kondisi plafon di rumahmu agar tidak mengalami rembes saat hujan deras dengan mengganti atau memperbaiki bagian yang telah rusak.

Periksa Kemiringan Atap

Selain rangka kayu yang kuat dan tidak rapuh, kemiringan atap pun harus diperhatikan agar dapat menangkal air hujan secara optimal meskipun tertiup angin kencang serta meminimalis terjadinya rembes dan bocor.

Usahakan agar kemiringan atap tidak terlalu landai sekitar 25 hingga kurang dari 40 derajat. Jika lebih dari itu, genteng berpotensi merosot sehingga rembes. Kamu harus menempelkannya secara permanen menggunakan paku agar tidak mudah jatuh.

Pasang Talang Atap Secara Optimal

Untuk meminimalisir rembes dan bocor, pilih ukuran dan bentuk talang air pada pinggir atap yang sesuai dengan debit air. Selain itu, minimalisir sambungan talang atap karena berpotensi meningkatkan rembes dan bocor, serta lakukan pembersihan talang atap secara rutin karena tumpukan sampah bisa menghambat saluran air.

Perbaiki Atap yang Rusak

Silahkan periksa kondisi atap rumahmu dan pastikan tidak mengalami kerusakan ataupun pelapukan akibat usia yang dapat menyebabkan rembes. Idealnya, kondisi genteng di atap rumahmu berada dalam kondisi yang prima dan kokoh serta merekat secara kuat pada rangka agar tak mudah lepas akibat angin kencang.

Pastikan kondisi atap rumah diperiksa secara rutin. Atap yang sudah mengalami kerusakan dapat mengakibatkan rembes dan bocor sehingga mengganggu kamu yang sedang beristirahat.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011