fbpx

Mengatur pencahayaan sebuah rumah sering kali di sepelekan bahkan bisa jadi di abaikan. Padahal pencahayaan memiliki eranan sangat penting dalam menjunjung kenyamanan beraktivitas baik itu di indor maupun outdoor.

Selain itu pecahayaan interior mejadi sentuhan akhir yang dapat menentukan estetika sehingga rumah semakin nyaman di pandang. Pada saat malam hari pencahayaan eksterior turut menghidupi tampilan sekaligus mejaga keamanan rumah.

Dasarnya terdapat dua jenis pencahayaan yang dapat di manfaatkan yaitu pencahayaan alami dan buatan. Di artikel kali ini membahas jenis pencahayaan buatan seperti apa tips yang cocok untuk tiap-tiap ruangan.

Tips Pencahayaan di Ruang Tamu

Pada daerah ruangan yang besar seperti ruang tamu anda perlu meletakkan lampu di area yang menjadi pusat berkumpul. Pilih lampu dengan intensitas cahaya yang sedang dan bisa di tambahkan lampu-lampu seperti lampu meja dan lampu lantai di tiap-tiap sudutnya.

Untuk ruang tamu yang tidak terlalu besar atau bisa di bilang kecil, cahaya dari lampu dapat di pantulkan ke arah plafon atua dinidng agar ruangan terkesan luas, selain itu gunakan lampu yang general lighting yang dapat mendistribusikan cahaya secara merata.

Tips Pencahayaan di Dapur

dapur membutuhkan pencahayaan yang berpusat di daerah tempat memasak atau kelangsungan aktivitas memasak. Tempatkan lampu sorot atau halogen di bagian bawah kabinet dapur yang mengarah langsung ke area kerja. untuk keamanan, tambahkan juga task lighting di bagian kompor dan oven.

Jika terdapat area kerja seperti kitchen island, maka pasanglah lampu gantung tepat di atasnya. Usahakan tidak memasang lampu yang mengarah langsung ke tempat penggunaan mobilitas karena dapat menciptakan bayangan yang mengganggu saat memasak.

Tips Pencahayaan di Ruang Makan

Ruang makan tidaklah memerlukan pengaturan pencahayaan yang rumit, anda cukup sediakan lampu gantung yang menghasilkan pencahayaan di atas meja. Atur tinggi dan rendahnya lampu sesuai dengan yang anda inginkan. Jika terdapat sudut ruangan yang gelap anda bisa menambahkan lampu meja sebagai penerang tambahan sekaligus aksen pencahayaan.

Tips Pencahayaan di Kamar Tidur

Anda ingin menciptakan kesan rileks dan nyaman? Gunakanlah pencahayaan sentral berwarna kekuningan dengan bolam lampu sebagai sentral dan terlindungi sempurnadengan menghasilkan efek silau. Setelah itu pasanglah dimmer untuk mengatur intesitas pencahayaan agar bisa di sesuaikan dengan aktivitas.

Jika anda ingin lebih meriah tambahkan pencahayaan dekoratif seperti lampu tumblr, lamppu LED berwarna dan lampu hias lainnya. Dan juga jika anda kamar tidur difungsikan sebagai ruang kerja atau ruang belajar, task lighting pada meja tentunya tidak boleh tertinggal.

Tips Pencahayaan di Kamar Mandi

Di dalam kamar mandi dipelukan pencahayaan direct pada plafon yang dapat menerangi seluruh bagian kamar mandi. Di area yang kering pasang sile lighting di kedua sisi cermin karena jika di letakkan di atas justru akan menciptakan bayangan yang menghalai refleksi cahaya yang sebenarnya.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011