fbpx

Memiliki rumah atau hal lain sendiri adalah keinginan dari setiap individu. Jika kita menginginkan sesuatu pastinya kita memerlukan uang untuk membelinya, karena beberapa yang di inginkan seperti memiliki rumah memiliki harga yang tidak sedikit. Maka dari itu kamu perlu untuk mengatur keuangan. Berikut beberapa tips mengatur keuangan agar bisa mendapatkan apa yang kamu impikan.

Menentukan dan menerapkan mengatur uang

Jika kamu menunda-nunda untuk mengatur keungan, maka semakin banyak juga uang yang kamu butuhkan karena seperti rumah harganya akan selalu naik tiap tahunnya. Cara mengatur keuangan yang simpel adalah dengan mulai menerapkan berbagai cara yang kamu ketahui dari sekarang, Seperti menyisihkan sebagian penghasilan dan juga menyediakan tabungan untuk kebutuhan darurat.

Menetukan tujuan dan nominal

Tentukan hal yang kamu inginkan dan cari beserta detailnya. Salah satu cara mengatur keuangan yang di sarankan adalah untuk menentukan nominal yang jelas untuk setiap tujuan menabung. Misal seperti untuk membeli atau membangun rumah impian, kamu bertekad untuk memiliki rumah yang di incar dengan waktu 3 tahun. dengan mengetahui harga DP beserta cicilan per-bulan hingga lunas tentunya akan mempermudah dalam menerapkan cara ini.

Meminimalisir keuangan

Cara mengatur keuangan berikutnya adalah hidup hemat dengan meminimalisir pengeluaran. Hindari makan di luar karena itu merupakan pengeluaran terbesar yang seharusnya bisa dihindari, cobalah untuk membawa bekal makan siang saat bekerja atau sekolah. Cara ini memang mudah di ucapkan namun sulit untuk diterapkan. Namun semua kembali ke tujuan kamu menabung. Perlu di ingat hidup hemat bukan berarti pelit.

Mencatat pengeluaran

Dengan beberapa tips di atas sekarang kamu tahu setiap mengatur keuangan memerlukan catatan kecil. Setiap pengeluaran sehari-hari perlu di catat agar mempermudah kamu saat menentukan budget setiap bulan dan sisanya di tabung untuk memiliki rumah impian. Cara ini juga berguna untuk mengetahui apakah kamu sudah mencapai target tabungan atau belum.

+ lunasi semua hutang

Jika anda ingin bisa menabung dan menerapkan cara di atas. Sebaiknya lunasi semua hutang-hutang yang kamu punya. Dengan demikian kamu bisa fokuskan semua pemasukan dalam cara di atas. Pasalnya jika sudah membayar DP dan kamu masih terlilit hutang maka bisa jadi hutang yang kamu tampung akan melebihi batas yang kamu mampu dan itu akan mengorbankan banyak hal demi melunasinya. Karena cicilan rumah termasuk besar perbulan dalam waktu bertahun-tahun.

Semua cara di atas perlu disesuaikan dengan kemampuan finansial dan kepribadian masing-masing. Tidak semua cara di atas dapat di terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011