Tips Menentukan Ukuran Bathtub yang Ideal

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Tips Menentukan Ukuran Bathtub yang Ideal. Memilih bathtub di kamar mandi memang terdengar menarik. Bayangkan saja dulu, betapa rileksnya berendam air panas usai bekerja seharian. Apalagi kalau ukuran bathtub-nya pas dengan tubuh kita. Kaki bebas bergerak, bersandar pun terasa nyaman.

Untuk mengetahui ukuran yang ideal, berikut berikut beberapa tips untuk menentukan ukuran bathtub.

tips ukuran bathtub (bathtubs.com)
bathtubs.com

Menyesuaikan Panjang dan Lebar Bathtub

Saat hendak menentukan ukuran bathtub, pertama-tama perhatikan sisi panjangnya. Cara menentukannya sangat mudah, yaitu sesuaikan dengan tinggi tubuhmu. Andaikan kamu memiliki tinggi 170 cm, maka pilihlah ukuran bathtub dengan panjang 170 cm. Jika tidak menemukan bathtub yang panjangnya 170 cm, pilihlah yang lebih panjang. Hindari memilih ukuran yang lebih pendek karena membuat gerak kakimu terbatas.

Untuk lebar bathtub pada umumnya berkisar pada 75 cm hingga 85 cm. Ukuran bathtub berdasarkan sisi lebar ini perlu disesuaikan dengan lebar bahu.

Memilih Kedalaman

Untuk orang dewasa, ukuran bathtub yang tepat itu memiliki kedalaman sekitar 60 cm. Dengan kedalaman tersebut, tubuh akan terendam dengan sempurna di dalam air. Kamu pun lebih mudah untuk keluar masuk bak mandi.

Namun, jika kamu memiliki anak-anak, sebaiknya gunakan bathtub terpisah. Anak-anak lebih cocok menggunakan ukuran bathtub dengan kedalaman 40 cm. Hal ini untuk mengurangi risiko kecelakaan, seperti tenggelam atau tergelincir saat memasuki bak. Apabila terpaksa membawa anak bersantai di bak mandi orang dewasa, pastikan untuk selalu mengawasinya. Bila perlu berikan karpet anti slip.

tips ukuran bathtub (earlyexperts.net)
earlyexperts.net

Ukuran Menyesuaikan Kapasitas

Jika kamu hobi berendam berduaan, ukuran bathtub pun perlu disesuaikan. Cara termudah untuk memilih ukurannya adalah berdasarkan tinggi badan dan lebar bahu orang yang paling besar, lalu kalikan 2. Bathtub untuk 2 orang biasanya berbentuk persegi dan bulat.

Ukuran bathtub untuk 2 orang ini memang lebih besar. Jadi, biasanya diletakkan pada kamar mandi utama yang ukurannya sangat luas. Jika luas kamar mandi terbatas, pertimbangkan tempat lain untuk meletakkan bathtub, seperti di taman semi indoor atau di samping kolam renang.

Menyesuaikan Dengan Ukuran Ruangan

Batas maksimal ukuran bathtub sendiri adalah setengah dari luas kamar mandi. Pada dasarnya, ukuran bathtub yang standar di pasaran adalah 0,9×1,8 meter, 1×1,5 meter, dan 1,5×1,5 meter. Apabila kamu kesulitan untuk menemukan ukuran bathtub yang paling pas, jangan sungkan untuk membuat bathtub custom. Sifatnya permanen, ukurannya lebih pas, bahkan bentuknya bisa dibuat sesuka hati.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan Layar. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Powered by WhatsApp Chat

×