fbpx

Gudang adalah bagian rumah yang memiliki peran penting dalam hal penyimpanan barang. Berkat adanya gudang kamu bisa menyimpan barang yang rusak atau sudah tidak di gunakan, sehingga membuat tampilan rumah tampak selalu rapi dan tidak sumpek. Meskipun keberadaannya sering di abaikan karena letaknya, jangan biarkan gudang menjadi kotor dan berantakan. Sebaiknya ruang penyimpanan selalu rapi dan teratur agar mudah jika sewaktu-waktu ingin mengambil barang. Nah berikut beberapa tips memaksimalkan penyimpanan dalam gudang yang bisa kamu coba.

Atur barang

Jika gudang penyimpanan sudak mulai sumpek, sudak saatnya kamu mengatur kembali barang yang ada di dalamnya. Pertaman keluarkan semua barang yang ada di dalam gudang dan pilihlah satu per-atu barang yang masih bisa di gunakan kembali dan di simpan, serta barang mana yang rusak dan tidak bisa di gunakan kembali. Jika memungkinkan barang yang rusak di daur ulang, dan usahakan membuang barang sebagai pilihan terakhir.

Setelah memilih barang selanjutnya kamu harus mengetahui karakteristik barang yang di simpan supaya tetap terawat dan terhindar dari kerusakan. Misal buku harus di jauhkan dari sudut ruangan yang rawan terkena air. Selain itu kamu juga bisa melapisi atau membungkus barang-barang dengan kain atau plastik agar terhindar dari kerusakan yang diakibatkan oleh air, debu hingga serangan binatang.

Kelompokkan barang

Setelah mengatur barang-barang di atas lakukan pengelompokan barang sesuai ukuran, fungsi dan volume agar lebih mudah jika suatu hari kamu memerlukan barang yang di cari. Tata juga barang di ruang penyimpanan agar setiap barang yang di kelompokkan bisa di akses dengan mudah. Kelompokkan barang yang memiliki volume dengan sistem vertikal, taruh barang yang berat dan solid di bagian bawah sementara barang dengan volume ringan di atasnya.

Memanfaatkan barang sebagai alat penyimpan

Setelah melakukan kedua tips di atas kamu bisa memanfaatkan lemari dan rak agar barang tidak tergeletak berserakan di gudang. Selain menggunakan lemari dan rak gunakan juga wadah penyimpanan untuk barang-barang yang ukurannya relatif kecil, letakkan wadah penyimpanan sesuai dengan kelompoknya dan tambahkan label berdasarkan fungsi dan jenisnya untuk mempermudah saat mencari barang tampa harus membuka wadah satu per-satu.

+ luangkan waktu untuk mempersihkan gudang

Meskipun kamu jarang pergi ke gudang ada baiknya kamu membersihkannya sesekali agar ruangan tidak kotor dan kumuh. Luangkan waktu untuk membersihkan gudang secara berkala, jangan lupa untuk membuat ventilasi udara dan cahaya matahari supaya ruangan terbebas dari pengap yang dapat menyebabkan bau.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk memaksimal ruangan gudang. Semoga tips di atas membantu.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011