Tips Menabung Untuk Beli Rumah Impian. Terdapat Sejumlah tips menabung untuk membeli rumah yang bisa dilakukan, caranya pun beragam dan bisa disesuaikan dengan kebiasaan dan kebutuhan. Sebagaimana orang ingin memiliki rumah atau harta lainnya, kamu bisa menabung dari pendapatan sendiri, jika kamu sudah berpasangan akan lebih baik mempunyai pendapatan bersama.

Jika sebelumnya kamu sudah mempunyai kebiasaan menabung, tentunya caranya berbeda. Karena banyak cara yang bisa digunakan terutama untuk pasangan suami istri dalam pengelolaan keuangan. Berbagai masalah keuangan dalam rumah tangga seperti pengeluaran umum, investasi, tabungan dan cicilan(jika ada). Masalah-masalah tersebut sering menjadi perselisihan pasangan bahkan sampai-sampai mereka bisa cerai akibat masalah keuangan.

Kembali ke topik, lalu bagaimana cara kamu jika ingin membeli rumah, cek tipsnya di bawah ini :

Tips 1, Memiliki Rekening Terpisah

menabung
gobankingrates.com

Suami istri membuat rekening yang terpisah atau tabungan sendiri, tidak ada rekening atau tabungan bersama. Setiap menerima gaji, suami dan istri mentransfer sejumlah uang ke rekening tabungan masing-masing . 

Note : Cara ini hanya bisa efektif kalau suami dan istri memang memiliki perilaku hemat sejak sebelum menikah.

Tips 2, Memiliki tabungan bersama

See the source image
smoney.com.au
  • Menyisihkan Sejumlah Uang

Mempunyai tabungan bersama dan menyisakan sejumlah uang merupakan cara mungkin sering dilakukan.  Ada rekening bersama, bisa atas nama suami atau nama istri, tentunya sesuai kesepakatan masing-masing dengan jumlah yang tetap berapapun gaji masing-masing. . 

  • Menerima Jatah Bulanan 

Cara ini hampir sama dengan cara sebelumnya, cuma berbeda secara nominal. Jika cara diatas yaitu menyisakan gaji yang didapatkan dari suami dan istri , di cara ini semua pendapatan dimasukkan ke dalam satu rekening. Setelah memasukkan ke dalam rekening, masing-masing menerima jatah sesuai kebutuhan.

Note : Tips menabung ini bisa dilakukan oleh orang yang masih kurang disiplin dalam menabung. 

  • Menghitung Pengeluaran Secara Detail

Cara yang terakhir ini sama dengan cara di atas yaitu dengan memasukkan seluruh penghasilan ke satu rekening. Bedanya disini adalah pengeluarannya, jika di atas pengeluaran harus disesuaikan dengan jatah yang diberikan. Sedangkan cara terakhir ini menabung sesuai sisa dari pengeluaran secara total.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan. Dan juga cek channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.

ARTIKEL TERKAIT


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×