fbpx

Ada banyak informasi yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan instalasi listrik di rumah. Mulai dari jenis, fungsi sampai jaringan kabel listrik. Instalasi listrik yang dikerjakan sendiri bukanlah tanpa resiko, kesalahan dalam pengerjaannya dapat mengakibatkan kecelakaan yang mengancam keselamatan diri. Untuk kamu yang ingin mengetahui cara instalasi listrik yang aman semak ulasannya di bawah ini!

Mengetahui ukuran kabel

Dalam menentukan kabel jenis yang tepat, kamu perlu perhatikan ukuran dari diameter kabel, kapasitas dan kegunaan dari kabel yang dibutuhkan. Ukuran kabel menentukan besar kapasitas amperenya, dan jika ukuran kabel tidak sesuai dengan jumlah ampere bisa menyebakan hubungan arus listrik dan kebakaran.

Mengetahui perbedaan kode warna

Kode warna berkaitan dengan besarnya ukuran kawat konduktor yang berada di dalam kabel dan daya yang dimilikinya. Namun apapun kode warnanya tidak berhubungan dengan daya dan ukuran, melainkan berdasarkan standar kegunaan. Dalam arus bolak-balik misalnya warna hitam untuk sumber arus, kabel biru konduktor netral dan kabel hijau untuk grounding atau penahanan.

Pemasangan kabel listrik

Saat memasang kabel kamu perlu melepaskan plastik yang melingkupi selubung logam kabel. Lakukan dengan hati-hati sehingga tidak merusak inti logam. Prosedur pemasangan cukup mudah, namun memerlukan sedikit keterampilan agar instalasi listrik terlihat rapi.

Melindungi kabel listrik

Dalam sistem aliran listrik yang menggunakan banyak kabel, biasanya diperlukan pipa konduit untuk menjaga jalur instalasi listrik agar tetap rapi. Pipa konduit dapat melindungin seluruh bagian kabel listrik dengan baik, terutama dari hewan pengerat. Perhatikan juga jumlah yang cukup untuk satu pipa konduit, hal ini bergantung dengan ukuran dan material pipa konduit yang dipakai.

Ketahui berapa maksimum penggunaan kabel

Dalam satu sambungan listrik biasanya terdapat batas maksimum penggunaan jumlah kabel listrik yang di pakai. Karena instalasi kabel yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada saklar, alat elektronik dan keseluruhan jaringan lisrik. Pada hal ini biasanya ditandai dengan utusnya aliran listrik. Pristiwa ini cukup berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan keseluruhan jaringan listrik rumah.

Apabila hal di atas terjadi segera matikan semua perangkat elektronik yang sedang menyala kemudian hidupkan kembali aliran listrik yang turun.

Itulah cara instalasi yang aman meskipun kamu juga harus tetap berhati-hati dalam melakukannya. Tidak semua instalasi kabel listrik seperti kabel listrik panel yang menjadi pusat sambungan listrik yang mana hanya boleh dikerjakan oleh ahli yang telah berlisensi. Jika kesulitan tidak ada salahnya meminta bantuan teknisi listrik.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011