Teknik Merapikan Rumah Untuk Waktu Lama KonMari. Beberes rumah merupakan pekerjaan yang bisa di bilang menjemukan. Jika kamu sudah membereskan rumah selama berjam-jam untuk merapikan ini dan itu, pekerjaan ini seperti tiada ada hentinya. Terutama jika terdapat banyak benda atau barang yang harus dirapikan, mulai dari benda yang kecil sampai benda yang besar terutama yang berantakan.

Jika kamu salah satu orang yang bertipe lambat dalam membereskan rumah, kamu bisa jadi kandidat yang tepat untuk mencoba teknik KonMari berikut ini

Berikan ruang untuk hal yang bermakna

Teknik konmari
konmari.com

Meluangkan ruang di rumah Anda adalah langkah pertama untuk merapikannya. Dengan membuka ruang, Anda bisa lebih berfokus pada hal-hal yang bermakna bagi Anda. Tetapi, sebelum Anda menyentuh benda-benda di dalam rumah, Anda harus bisa memvisualisasikan kehidupan yang bisa Anda miliki jika rumah Anda bersih dan rapi. Anda benar-benar harus merenung dan bertanya kepada diri sendiri, untuk apa rumah yang rapi itu? Marie Kondo menekankan bahwa dengan membuang benda-benda yang tidak bermakna dalam hidup kita, kita bisa meluangkan ruang untuk hal-hal yang kita cintai.

Buat kategori benda dan bereskan

Teknik konmari
konmari.com

Ada sebuah teknik yang menyatakan bahwa kita harus membereskan rumah berdasarkan ruangan. Akan tetapi, Marie Kondo menyarankan cara lain. Ia berpendapat bahwa lebih baik kita mulai berfokus untuk merapikan benda-benda berdasarkan kategorinya.

Menurutnya, ada beberapa kategori benda di rumah, yaitu: pakaian, buku, kertas dan dokumen, komono (aneka benda sehari-hari), dan benda-benda dengan nilai sentimental. Ia berpendapat bahwa lebih baik kita mulai dengan kategori pakaian karena kategori ini mengandung sedikit nilai sentimental, jadi akan terkesan lebih mudah. Anda bisa mulai dengan mengumpulkan semua pakaian yang Anda miliki lalu pisahkan mana yang paling membuat Anda bahagia dan yang tidak.

Jauhkan pemikiran “aku akan membutuhkannya nanti”

Teknik konmari
konmari.com

Pemikiran bahwa suatu saat nanti Anda akan membutuhkan benda tertentu adalah “kebohongan kecil” yang membuat rumah Anda selalu berantakan. Anda bisa saja membuat banyak alasan untuk menyimpan sesuatu karena Anda akan membutuhkannya nanti, baik itu pakaian, wadah-wadah, atau alat tulis. Namun, “membutuhkan” sesuatu tidaklah sama dengan “mencintai” sesuatu atau membuat hal tersebut memiliki makna tertentu di hidup Anda.

Memang bagus jika Anda suka mempersiapkan semuanya, tetapi apakah Anda harus menumpuk barang karena pemikiran tersebut? Jika dipikir lagi, kita bisa mencari solusi atas masalah dari benda-benda di sekitar kita. Contohnya, Anda ingin membuka tutup botol, namun Anda tidak mempunyai alatnya. Anda akan masih berusaha membuka botol itu menggunakan pisau. Selain itu, menurut Marie, benda akan kehilangan “harga dirinya” jika tidak digunakan.

Berikan rumah untuk setiap benda

Teknik konmari
konmari.com

Memang konsep ini terdengar aneh. Tetapi, menurut Marie Kondo, Anda harus berhenti melihat apapun yang Anda miliki di rumah hanya sebagai “benda biasa”. Tanpa disadari, Anda melempar jaket dan kunci-kunci di meja, Anda menyimpan pakaian dengan asal di dalam lemari, dan Anda menyingkirkan benda-benda yang jarang digunakan ke dalam gudang. Inilah yang membuat rumah Anda terlihat berantakan. Anda kehilangan jejak atas benda-benda yang dimiliki.

Maka dari itu, saat Anda menentukan yang mana yang akan Anda simpan dan buang, Marie menyarankan untuk mengumpulkan semua benda yang Anda miliki berdasarkan kategorinya. Kebanyakan kliennya akan terkejut begitu melihat banyaknya benda yang ia miliki dan belum tentu semua benda itu ia sukai. Untuk itu, sebaiknya Anda mulai menghormati benda dan menganggap tiap benda memiliki jiwa. Anda harus memberikan satu tempat yang spesifik untuk setiap benda dan bisa Anda temukan dengan mudah. Bahkan, sesekali Anda bisa mengucapkan “terima kasih” kepada benda-benda tersebut saat Anda sudah memakai dan menyimpannya di “rumahnya”.

Selalu ingat tujuan akhir Anda

konmari.com

Rumah yang rapi adalah sebuah perjalanan yang tidak singkat. Anda akan terus menemukan hal yang bisa Anda tingkatkan. Sangat penting bagi Anda untuk memiliki alasan dan tujuan yang jelas. Kembali lagi ke poin pertama, Anda harus bisa memvisualisasikan kehidupan seperti apa yang ingin Anda miliki di rumah yang rapi. Jika Anda ingin memiliki rumah yang lebih luas dan terang agar pikiran Anda bisa tenang dan menjadi lebih kreatif, terus ingatkan diri Anda sendiri bahwa setiap hal yang Anda lakukan ketika membereskan rumah akan membawa Anda pada tujuan tersebut. Dengan begitu, Anda tidak akan mudah menyerah. Ketika Anda mulai melihat manfaat yang diberikan oleh aktivitas merapikan rumah, dan Anda semakin dekat untuk meraih tujuan Anda, semuanya akan terasa lebih mudah dan menyenangkan. 

Merapikan rumah adalah soal memberikan kesempatan bagi diri sendiri untuk mengubah gaya hidup. Jika Anda memahami prinsip-prinsip KonMari dan selalu konsisten dalam menerapkan teknik di kehidupan sehari-hari, Anda hanya perlu merapikan rumah Anda sekali dan memiliki rumah yang nyaman serta rapi seumur hidup.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan. Dan juga cek channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011

×