Tata Ruang Kantor Nyaman, Produktivitas Makin Tinggi

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Tata Ruang Kantor Nyaman, Produktivitas Makin Tinggi. Mendesain interior kantor tidak hanya soal tampilan saja, namun juga harus bisa meningkatkan produktivitas para pekerja. Sekarang ini umumnya tata ruang kantor terbagi menjadi beberapa jenis yang populer. Setiap jenisnya memiliki karakteristiknya sendiri yang dapat disesuaikan dengan jenis usaha. Jenis – jenis tata ruang itu ialah :

Mixed–Office

tata ruang kantor nyaman mixed office
nitidodesign.com

Sesuai dengan namanya, tata ruang dengan konsep mixed-office ini memang merupakan kombinasi dari segala tata ruang yang ada. Keunggulannya, kamu bisa menyesuaikan kebutuhan para pekerja. Misalnya saja area cubicle untuk tim legal dan finance, sedangkan open plan untuk tim media.

Dengan penerapan tata ruang mixed–office, interior kantor jadi kelihatan lebih dinamis. Para pekerja bisa bekerja dengan nyaman sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Namun, ada juga kelemahan yang perlu dipertimbangkan. Di antaranya adalah biaya perawatan dan pembangunan ruang kantor jadi lebih mahal. Fungsi dari masing-masing area jadi kurang jelas. Serta, gaya desain akan sulit diserasikan antar areanya.

SOHO

tata ruang kantor nyaman soho
coworker.com

SOHO adalah singkatan dari Small Office Home Office. Fungsi dari konsep bangunan ini adalah hunian sekaligus kantor. Mayoritas unit SOHO dibuat memiliki mezzanine yang dimanfaatkan sebagai ruang kerja. Sedangkan bagian bawahnya untuk hunian. Bisa juga dibuat sebaliknya. 

Unit SOHO banyak digunakan oleh pekerja freelance, pekerja di dunia kreatif dengan tim kecil, maupun orang yang tengah merintis startup. 

Tata ruang kantor seperti ini tergolong hemat biaya. Baik dari segi sewa, pemeliharaan, bahkan ongkos jalan karena tempat kerja ada di dalam hunian. Tapi ada juga poin minus yang perlu dicermati. Di antaranya jam kerja dan istirahat jadi tidak ada batasan yang jelas. Ruang kantor terbatas dan akan sulit untuk rekrut staff tambahan.

Clustered

pinterest.com

Terakhir ada ruang kantor dengan penataan clustered. Area di dalam kantor dipisahkan ruangannya berdasarkan divisi. Satu ruang ditempati oleh satu divisi. Keuntungannya, tim pada divisi tersebut akan menjadi lebih solid dan produktivitas meningkat. Anggota tim juga bebas berkomunikasi tanpa perlu takut mengganggu tim lain.

Sedangkan kekurangan dari tata ruang clustered ini adalah setiap anggota tim di dalam ruangan yang sama akan berkurang privasinya. Jalinan komunikasi antar divisi pun bisa terhambat karena terpisah ruangan.


Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan, kami membahas tentang rumah seperti desain terbaru, proses pembuatan, perencanaan dan lain-lain.


Tags :

wonosobo, banjarnegara, temanggung, magelang, yogyakarta, kontraktor interior, kontraktor interior design, interior kontraktor, jasa kontraktor rumah, jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor apartemen, jasa kontraktor gudang, jasa kontraktor hotel, jasa kontraktor terbaik di indonesia, jasa kontraktor kantor, jasa kontraktor lantai, jasa kontraktor lokal, jasa kontraktor rumah 2 lantai, jasa kontraktor per meter, jasa kontraktor renovasi rumah, jasa kontraktor rumah murah, jasa kontraktor taman, jasa kontraktor rumah terbaik, jasa arsitek rumah, jasa arsitek, jasa arsitek murah, jasa arsitek rumah mewah, jasa arsitek rumah minimalis, jasa arsitek desain rumah, jasa arsitek rumah murah, jasa arsitek renovasi rumah, jasa arsitek online, jasa arsitek rumah klasik, jasa arsitek dan desain interior, jasa arsitek profesional, jasa arsitek rumah online, jasa desain rumah, harga jasa desain rumah, jasa desain rumah online, harga jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah minimalis, jasa desain rumah minimalis sederhana, jasa desain rumah mewah, jasa desain rumah murah, jasa desain rumah minimalis 1 lantai, jasa desain rumah kita, jasa desain rumah kost, jasa desain rumah dan rab, harga jasa desain rumah per meter, jasa desain rumah minimalis 2 lantai, jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah per m2, jasa desain rumah online murah, jasa desain rumah elegan, jasa desain rumah minimalis modern 2 lantai, jasa desain rumah 2 lantai, jasa desain rumah tinggal, jasa desain rumah minimalis murah, jasa desain rumah klasik, jasa desain rumah modern, jasa desain rumah kecil, kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah, harga kontraktor rumah per meter, kontraktor rumah sakit, kontraktor rumah murah, rekomendasi kontraktor rumah, jasa arsitek dan kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah murah

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×