Suka Berkebun? Ketahui Jenis Tanah dan Manfaatnya!

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Tanah Sebagai media tanam yang paling penting terhadap proses pertumbuhan tanaman. Karenanya kamu diharuskan untuk memilih jenis tanah yang cocok untuk tanamanmu. Agar kamu mendapatkan kualits terbaik tanaman tumbuh subur dan optimal.

Tanah memiliki jenis yang bermacam-macam dan masing-masing memiliki manfaatnya sendiri. Agar tak salah memilih jenis tanah, ketahui jenis-jenisnya di bawah ini!

Jenis aluvial

Tanah ini dapat ditemukan di dataran rendah dan terbentuk dari pengendapan lumpur sungai, jenis tanah yang satu ini juga cocok digunakan sebagai media tanam petani karena sifatnya yang subur. Dengan karakter berwarna cokelat, berbentuk menyerupai tanah liat, mudah menyerap air, serta memiliki banyak kandungan mineral, manfaat dari tanah aluvial tak sekadar untuk media tanam saja, melainkan untuk melancarkan irigasi hingga menyimpan cadangan air.

Jenis podzolit

Ditemukan di kawasan pegunungan dengan curah hujan tinggi dan bersuhu rendah, jenis tanah podzolit mempunyai karakter warna kemerahan atau kekuningan, mengandung sedikit unsur hara dan hanya dapat menyimpan air dalam jumlah yang minim sehingga sangat mudah kering. Tanah podzolit tidak cocok dimanfaatkan sebagai media tanam musiman karena kandungan organiknya tergolong rendah.

Jenis humus

Tanah humus dengan karakter warna yang gelap, bersifat gembur, serta mempunyai kemampuan daya serap yang tinggi sehingga cocok difungsikan pada lahan untuk berkebun. Tanah humus terbentuk dari hasil pelapukan daun dan batang pohon, banyak ditemukan di kawasan tropis, serta mempunyai manfaat lain seperti membantu meningkatkan kandungan air di dalam tanah, menjadi sumber nutrisi bagi tanaman, hingga difungsikan sebagai pupuk alami.

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Powered by WhatsApp Chat

×