fbpx

Sektor dari arsitektur dan interior berkembang pesat. Banyaknya opsi gaya yang bisa di aplikasikan pada hunian misal geometris. Di dunia arsitektur dan interior terdapat struktur kantilever yang mulai menarik perhatian sebagai salah satu hal yang bisa memberikan kesan dramatis pada bangunan.

Desain kantilever merupakan salah satu gaya modern yang diminati. Desain ini sangat ideal untuk rumah kontemporer. Sebelum kamu menggunakan struktur desain ini ketahuilah serba-serbi struktur kantilever di bawah ini!

Apa Itu Kantilever

tekla.com

Kantilever merujuk pada bentuk fisik struktur yang dibuat menonjol dan keluar dari bangunan utama serta dibangun dengan dukungan penyangga pada satu sisi saja. Memiliki tampilan yang sangat unik, desain struktur ini sangatlah populer karena dianggap mewakili perkembangan arsitektur modern.

Akan tetapi, penerapan desain kantilever memerlukan penguasaan teknis yang memadai karena perhitungan mekanika wajib dilakukan secara akurat agar kualitas bangunan kukuh dan tahan terhadap segala kondisi.

Perhatikan Ini Jika Ingin Mengadopsi Desain Kantilever!

quora.com

Rancangan desain kantilever tidak bisa dilakukan secara asal-asalan dan memerlukan perhitungan mekanika secara akurat. Untuk membangun hunian dengan konsep desain ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami karakter lahan dan jenis tanah yang ada di bawah hunianmu.

Selain itu, pemilihan material bangunan pun perlu dipertimbangkan secara matang supaya struktur kantilever bisa diterapkan secara seimbang. Tidak lupa, kamu pun sebaiknya mengurangi beban pada bagian atas bangunan, salah satunya adalah menggunakan material berbobot ringan.

Mengingat struktur kantilever hanya bertumpu pada satu sisi saja, maka penghitungan beban yang akan dipikul sangatlah penting. Penghitungan tersebut dimaksudkan agar bangunan bisa berdiri secara kukuh, antiambruk dan tentu saja bisa digunakan secara maksimal sesuai fungsi yang kamu inginkan.

Itulah sedikit penjelasan tentang struktur kantilever. Bagaimana setelah mengetahui tentang hal ini, apakah kamu ingin mengaadopsinya? atau kamu ingin mengetahui seperti apa penerapannya? tenang hal itu akan di terbitkan pada artikel yang akan datang jadi tetap stay tune di saktidesain.com ya dan jangan lupa share artikel ini biar banyak orang tahu.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011