Strata Title Penting Untuk Penghuni Apartemen dan Rumah Susun

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Strata Title Penting Untuk Penghuni Apartemen dan Rumah Susun. Rumah susun atau apartemen merupakan hunian alternatif yang bisa kamu pilih untuk tinggal di kota besar. Dengan hunian bertingkat kamu bisa menemukan hunian yang strategis dibanding membeli rumah.

Terdapat beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli atau menyewa apartemen atau rumah susun. Salah satunya adalah strata title yang berfungsi untuk bukti kepemilikan atas hunian tersebut.

Strata title apartemen
bing.com

Lebih jelasnya, Strata title adalah hak milik atas satuan rumah susun atau apartemen. Dengan adanya strata title, kamu memperoleh hak atas kompleks bangunan yang terdiri dari hak eksklusif atas ruang pribadi serta hak bersama dari ruangan publik. Dengan begitu, kamu sebagai pemilik unit apartemen tidak terikat dengan peraturan, sedangkan ruang publik terikat dengan peraturan tertentu karena dimiliki seluruh penghuni bangunan. 

Dasar Hukum

Peraturan strata title tercantum pada Peraturan Pemerintah No.4 Tahun 1988 dan UU No.16 Tahun 1985. Sebagai bentuk kepastikan hak bagi kamu selaku pemilik rumah susun, Pemerintah juga memberikan alat bukti berupa Sertifikat Hak Milik atas Satuan Rumah Susun (SHMSRS) yang dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat. 

Kepemilikan Strata Title

Pada SHMSRS yang dikeluarkan oleh kantor BPN, terdapat tiga keterangan yang disebutkan, yakni luas, letak, dan jenis hak tanah bersama. Namun, ada hal yang perlu kamu ingat bahwa SHMSRS memiliki jangka waktu sehingga berbeda dengan hak kepemilikan lain yang memiliki waktu tak terbatas.

Contohnya, hak pemilikan unit apartemen yang dibangun di atas Hak Guna Bangunan memiliki jangka waktu selama 20 tahun. Setelah masa berlaku habis, maka kamu pun wajib memperpanjang kepemilikan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Strata title apartemen
rnudah.com

Cakupan Strata Title

Berbeda dengan bangunan rumah yang berhubungan erat dengan hak atas tanah, strata title memiliki cara kerja yang berbeda. Namun, dapat dipastikan bahwa hak penguasaan terhadap tanah berlaku pada apartemen ataupun rumah susun yang dibangun.

Seperti yang Kania sebutkan sebelumnya, tanah tempat didirikan sebuah apartemen ataupun rumah susun mempunyai status hak bersama bagi seluruh penghuni yang mencakup fasilitas, benda, serta tanah. Namun, tidak ada keterangan pasti mengenai besaran hak kepemilikan sehingga dapat diasumsikan bahwa hunian bertingkat yang dibangun di atas lahan seluas 200 m2 dan terdiri dari 200 unit dapat merujuk hak milik sebesar 1 m2 per pemilik. 

Perpanjangan Strata Title

Telah Kania sebutkan juga di atas, strata title memiliki masa berlaku. Untuk memperpanjang strata title, kamu harus melakukannya pada waktu 2 tahun sebelum masa berlaku habis. Pada umumnya, proses ini akan dilakukan oleh pihak pengelola apartemen ataupun rumah susun sehingga sudah seharusnya kamu memeriksa legalitas dari hunian vertikal yang akan kamu beli agar mempermudah proses perpanjangan strata title.

Inilah informasi mengenai strata title yang sebaiknya kamu ketahui sebelum membeli rumah susun ataupun apartemen. Semoga bermanfaat!

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan Layar. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.

Tag : wonosobo, banjarnegara, temanggung, magelang, yogyakarta, kontraktor interior, kontraktor interior design, interior kontraktor, jasa kontraktor rumah, jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor apartemen, jasa kontraktor gudang, jasa kontraktor hotel, jasa kontraktor terbaik di indonesia, jasa kontraktor kantor, jasa kontraktor lantai, jasa kontraktor lokal, jasa kontraktor rumah 2 lantai, jasa kontraktor per meter, jasa kontraktor renovasi rumah, jasa kontraktor rumah murah, jasa kontraktor taman, jasa kontraktor rumah terbaik, jasa arsitek rumah, jasa arsitek, jasa arsitek murah, jasa arsitek rumah mewah, jasa arsitek rumah minimalis, jasa arsitek desain rumah, jasa arsitek rumah murah, jasa arsitek renovasi rumah, jasa arsitek online, jasa arsitek rumah klasik, jasa arsitek dan desain interior, jasa arsitek profesional, jasa arsitek rumah online, jasa desain rumah, harga jasa desain rumah, jasa desain rumah online, harga jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah minimalis, jasa desain rumah minimalis sederhana, jasa desain rumah mewah, jasa desain rumah murah, jasa desain rumah minimalis 1 lantai, jasa desain rumah kita, jasa desain rumah kost, jasa desain rumah dan rab, harga jasa desain rumah per meter, jasa desain rumah minimalis 2 lantai, jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah per m2, jasa desain rumah online murah, jasa desain rumah elegan, jasa desain rumah minimalis modern 2 lantai, jasa desain rumah 2 lantai, jasa desain rumah tinggal, jasa desain rumah minimalis murah, jasa desain rumah klasik, jasa desain rumah modern, jasa desain rumah kecil, kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah, harga kontraktor rumah per meter, kontraktor rumah sakit, kontraktor rumah murah, rekomendasi kontraktor rumah, jasa arsitek dan kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah murah

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *