SKMHT Berguna Dalam Membeli Rumah dengan KPR. Istilah KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) sudah tidak asing dalam jual-beli rumah. Dalam tata cara pembelian rumah dilakukan secara kredit baik itu baik itu rumah dijual ataupun baru. Dalam Prosesnya terdapat hal-hal yang perlu disiapkan, mulai dari pendanaan dan administrasi dokumen, salah satunya SKMHT.

Apa itu SKMHT, simak penjelasannya di bawah ini :

SKMHT

SKMHT adalah singkatan dari Surat Kuasa untuk Memberikan Hak Tanggungan. Surat ini dibuat dari si pemberi jaminan kepada penerima jaminan, yang dalam hal ini adalah bank untuk membebankan hak tanggungan. Dalam isi SKMHT, penerima jaminan akan mewakili pemberi jaminan, khususnya untuk menandatangani Akta Pemberian Hak Tanggungan atau APHT. 

Note : APHT berkaitan dengan SKMHT. SKMHT ini dibuat karena belum dapat ditandatanganinya APHT berdasarkan alasan tertentu. APHT memiliki peran penting dalam mengatur seluruh syarat dan ketentuan terkait Hak Tanggungan atau pendanaan KPR. Oleh sebab itu, dibutuhkan SKMHT untuk menangani masalah ini supaya proses KPR bisa berjalan lancar.

See the source image, SKMHT KPR
kuczinskilaw.com

Fungsi

Prinsipnya, fungsi dari SKMHT adalah agar pihak bank atau kreditur dapat mewakili pemberi jaminan untuk melaksanakan pembebanan hak tanggungan dengan menandatangani APHT sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku atau sesuai dengan pasal 15 UU Hak Tanggungan Nomor 4 thn 1996 (UUHT). 

Dengan menandatangani SKMHT, bank sebagai penyedia KPR akan mewakili kamu untuk menerima Hak Tanggungan. SKMHT bersifat sah setelah dibuat oleh notaris dan ditandatangani sebagai bukti otentik atas KPR. 

See the source image, SKMHT KPR
dreamstime.com

Pembuatan

Jika tanah atau aset jaminan telah diperiksa dan sesuai persyaratan oleh pihak bank, maka SKMHT dapat dibuat sebagai syarat penjaminan pelunasan KPR. Selain itu, SKMHT juga dibuat jika kamu akan mengajukan kredit properti atau berupa hak milik atas satuan rumah.

Note : Tentunya, seperti yang sudah disebutkan di atas, SKMHT hanya dibuat jika APHT belum bisa dibuat atau ditandatangani oleh pihak bank atau kreditur. Dalam proses pemberian PPAT di kantor Pertanahan setempat, amu atau pihak yang mewakili pemberi jaminan harus hadir.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan Layar. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Powered by WhatsApp Chat

×