fbpx

Kehadirna tanaman di rumah memeberikan suasana kesejukan alami di sekitar rumah. Metode penanamannya pun dapat di sesuaikan dengan keseterdiaan lahan. Untuk lahan yang yang terbatas biasanya menggunakan metode tanaman dinding atau tanaman vertikal. Penanaman tanaman vertikal memiliki beberapa sistem penanaman yang berbeda tergantung mediumnya. Anda penasaran simak ulasannya di bawah ini!

Sistem kantong

Dalam sisitem ini tempat tanaman yang di gunakan berupa kantong yang terbuat dari bahan sabut kelapa, karpet glasswoll dan geotekstill. Kantong ini memiliki keteballan 1-40 mm cukup untuk menahan media tanam dan struktur tananam. Sistem penanaman ini tidak membutuhkan perawatan dan penyiraman khusus, sebagian besar kantong geotekstil telah dilengkapi dengan sistem irigasi otomatis dan cahaya sinar UV, namun sayangnya setiap kantong hanya bisa menampung sedikit tanaman maka dari itu tanaman memerlukan gizi yang tinggu agar tumbuh subur.

Sistem multi pot

Sistem multi pot menggunakan medium pot tanaman, tray planter atau talang dari pipa. Setiap medium ini disusun secara vertical dan dilengkapi dengan sistem distribusi dan penyiraman air yang terintegrasi satu sama lain. Media tanaman bisa berupa organik maupun non organik. Bahan yang digunakan seperti sekam, peat moss, sabut kelapa, pasir dan tanah. Dalam sistem ini sebaiknya di sertakan sistem penyaringan sehingga media tanaman yang digunakan tidak turun dan proses integrasi tidak tersendat. Sistem multipot praktis dan dapat di pindahkan dengan mudah namun sayangnya dalam pembuatannya memakan biasa yang mahal di banding penanaman vertikal lainnya.

Sistem lumut

Tanaman dinding ini menggunakan media berupa pole moss, flat moss dan reinderr moss. Untuk mediumnya berupa pot tanaman, kantong papan busa atau PVC board. Keuntungan tanaman dinding dengan sistem lumut adalah sifatnya yang anti serangga dan hama sehingga minim perawatan, sistem tanaman ini juga cocok untuk mendekoratif interior minimalis. Namun karena pembuatannya sepenuhnya menggunakan handmade, maka proses pengerjaan memakan waktu yang lama.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011