Serba-Serbi Cicilan Perumahan Subsidi

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Serba-Serbi Cicilan Perumahan Subsidi. Memiliki hunian sendiri merupakan impian banyak orang. Namun banyak orang yang menunda akan memiliki hal tersebut karena yang selalu menjadi permasalahan yaitu harga. Seperti yang kita tahu, harga rumah kiat tahun kian naik, hal tersebut membuat program baru yaitu rumah cicilan atau perumahan subsidi yang ditawarkan pemerintah. Hal tersebut membuat harga rumah bisa dijangkau untuk orang yang gajinya UMR.

Sebelum memutuskan untuk mengambil salah satu program cicilan terutama jika kamu ingin mengambil program cicilan subsidi. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain :

kompas.com

Ketentuan Harga Rumah Subsidi

Pada saat memutuskan untuk mengambil cicilan perumahan subsidi, kamu harus mengetahui ketentuan harga yang ditawarkan. Ini karena hunian bersubsidi harus dijual dengan batas maksimal harga yang telah ditetapkan oleh pemerintah, di mana saat ini terbagi berdasarkan kawasannya (dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan ketentuan pemerintah).

Ketahui Besaran Uang Muka

Sama seperti saat ingin mengambil KPR, cicilan perumahan subsidi pun mengharuskan kamu untuk membayar uang muka. Adapun, ketentuan uang muka untuk cicilan perumahanyang ditetapkan dikutip dari btn.co.id, saat ini adalah sebesar 1% dari nilai jual rumah, di mana nilai tersebut jauh lebih rendah ketimbang perumahan biasa. 

Ketahui Besaran Suku Bunga

Hal menarik dari program cicilan perumahan subsidi adalah suku bunga yang tergolong rendah. Hal ini karena cicilan rumah subsidi biasanya memberlakukan bunga fixed yang berlaku hingga cicilan tersebut berakhir. Dengan begitu, kamu pun tak perlu memikirkan kenaikan suku bunga karena besaran cicilan yang dibayarkan jumlahnya akan tetap sama. Sebagai contoh, dikutip dari website bank btn, suku bunga 5%. 

Perumahan Subsidi
kompas.com

Persyaratan Cicilan Perumahan Subsidi

Jika ingin mengajukan cicilan perumahan subsidi, terdapat beberapa persyaratan yang wajib kamu penuhi. Pertama, kamu memiliki gaji bulanan di bawah Rp8 juta sehingga jika kamu memiliki gaji di atas nominal tersebut, maka kamu tidak berhak mengajukan cicilan perumahan subsidi. Selain itu, kamu pun diwajibkan menyerahkan sejumlah berkas seperti KTP, NPWP, Kartu Keluarga, Surat Nikah atau Surat Cerai, slip gaji atau bukti penghasilan dengan masa kerja atau lama usaha selama 1 tahun, serta telah berusia di atas 21 tahun atau telah menikah. 

Perhatikan Lokasi Rumah Bersubsidi

Sudah menjadi kewajiban bahwa kamu juga harus melakukan survei lokasi sebelum mengambil cicilan perumahan subsidi. Sebaiknya, pilihlah perumahan bersubsidi dengan akses yang mudah, telah memiliki fasilitas yang memadai seperti air, serta mengetahui spesifikasi rumah yang akan kamu ambil.

Note : kamu bisa mengecek apakah ada tidak di kotamu rumah subsidi dengan mengunjungi salah satu website berikut rumahsubsidi.pu.go.id atau sikumbang.ppdpp.id.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan, kami membahas tentang rumah seperti desain terbaru, proses pembuatan, perencanaan dan lain-lain.

Tag : wonosobo, banjarnegara, temanggung, magelang, yogyakarta, kontraktor interior, kontraktor interior design, interior kontraktor, jasa kontraktor rumah, jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor apartemen, jasa kontraktor gudang, jasa kontraktor hotel, jasa kontraktor terbaik di indonesia, jasa kontraktor kantor, jasa kontraktor lantai, jasa kontraktor lokal, jasa kontraktor rumah 2 lantai, jasa kontraktor per meter, jasa kontraktor renovasi rumah, jasa kontraktor rumah murah, jasa kontraktor taman, jasa kontraktor rumah terbaik, jasa arsitek rumah, jasa arsitek, jasa arsitek murah, jasa arsitek rumah mewah, jasa arsitek rumah minimalis, jasa arsitek desain rumah, jasa arsitek rumah murah, jasa arsitek renovasi rumah, jasa arsitek online, jasa arsitek rumah klasik, jasa arsitek dan desain interior, jasa arsitek profesional, jasa arsitek rumah online, jasa desain rumah, harga jasa desain rumah, jasa desain rumah online, harga jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah minimalis, jasa desain rumah minimalis sederhana, jasa desain rumah mewah, jasa desain rumah murah, jasa desain rumah minimalis 1 lantai, jasa desain rumah kita, jasa desain rumah kost, jasa desain rumah dan rab, harga jasa desain rumah per meter, jasa desain rumah minimalis 2 lantai, jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah per m2, jasa desain rumah online murah, jasa desain rumah elegan, jasa desain rumah minimalis modern 2 lantai, jasa desain rumah 2 lantai, jasa desain rumah tinggal, jasa desain rumah minimalis murah, jasa desain rumah klasik, jasa desain rumah modern, jasa desain rumah kecil, kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah, harga kontraktor rumah per meter, kontraktor rumah sakit, kontraktor rumah murah, rekomendasi kontraktor rumah, jasa arsitek dan kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah murah

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *