Rumah Adat Kalimantan Barat, Rumah Panjang

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Rumah Adat Kalimantan Barat, Rumah Panjang. Indonesia memiliki kekayaan budaya yang begitu banyak, maka tak heran jika banyak inspirasi yang diambil dari rumah adat. Salah satu rumah adat yang dijadikan inspirasi adalah rumah panjang dari Kalimantan Barat yang memiliki banyak keunikan. Apa saja keunikan yang terdapat pada rumah adat ini, langsung saja cek berikut ini :

See the source image, rumah panjang kalimantan
pinterest.com

Bentuk Panggung dengan Atap Pelana

Rumah Panjang mempunyai ciri-ciri berbentuk panggung dan pastinya memanjang. Selain itu, model atap yang digunakan adalah pelana. Pada suku Dayak tertentu, pembuatan rumah ini harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti bagian hulunya harusnya searah dengan matahari terbit dan sebelah hilirnya ke arah matahari terbenam. Meski sangat sederhana dan jauh dari kesan mewah, Rumah Panjang tetap menjadi rumah yang bernilai tinggi dan banyak mengandung makna bagi masyarakat Dayak. 

Bersifat Komunal

Rumah Panjang bisa dihuni banyak keluarga, bahkan bisa mencapai hingga 60 kepala keluarga (KK). Dikutip dari jurnal Radakng sebagai Pusat Kebudayaan Suku Dayak di Kalimantan Barat (2019) karya Poltak Johansen, Rumah Panjang adalah rumah adat khas Kalimantan yang terdapat di berbagai penjuru Kalimantan, terutama di daerah hulu sungai yang biasanya menjadi pusat pemukiman suku Dayak.

See the source image, rumah panjang kalimantan
pinterest.com

Filosofi yang Unik dan Menarik

Rumah Panjang punya makna persatuan dan kesatuan antar penghuni yang harus selalu dijaga. Selain itu, ada pula pembagian arah ruangan dengan makna yang berbeda-beda. Di bagian tengah rumah biasanya dihuni oleh tetua adat. Pada umumnya, bagian hulu rumah menghadap timur, sedangkan bagian hilirnya menghadap ke barat. Menghadap ke timur dan ke barat merupakan simbol bagi orang Dayak. 

Hulu sebagai tempat terbitnya matahari memiliki filosofi kerja keras, yakni bekerja sedini mungkin. Hilir yang menghadap ke barat memiliki filosofi tidak akan pulang atau berhenti bekerja sebelum matahari terbenam.

Panjang dan Luas yang Fantastis

Rumah Panjang merupakan rumah adat suku Dayak yang berada di Kalimantan Barat dengan ukuran yang fantastis, yaitu panjang 138 meter dan tinggi 7 meter. Bahkan, ada Rumah Panjang yang ukurannya mencapai 300 meter.

Sebagai perbandingan, ukuran standar lapangan sepak bola adalah sekitar 105 x 68 meter. Jadi, bisa dibilang rumah adat ini lebih panjang daripada sebuah lapangan sepak bola. Sementara itu, lebar Rumah Panjang adalah setengah dari ukuran standar lapangan sepak bola.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan Layar. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.


Tags :

wonosobo, banjarnegara, temanggung, magelang, yogyakarta, kontraktor interior, kontraktor interior design, interior kontraktor, jasa kontraktor rumah, jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor apartemen, jasa kontraktor gudang, jasa kontraktor hotel, jasa kontraktor terbaik di indonesia, jasa kontraktor kantor, jasa kontraktor lantai, jasa kontraktor lokal, jasa kontraktor rumah 2 lantai, jasa kontraktor per meter, jasa kontraktor renovasi rumah, jasa kontraktor rumah murah, jasa kontraktor taman, jasa kontraktor rumah terbaik, jasa arsitek rumah, jasa arsitek, jasa arsitek murah, jasa arsitek rumah mewah, jasa arsitek rumah minimalis, jasa arsitek desain rumah, jasa arsitek rumah murah, jasa arsitek renovasi rumah, jasa arsitek online, jasa arsitek rumah klasik, jasa arsitek dan desain interior, jasa arsitek profesional, jasa arsitek rumah online, jasa desain rumah, harga jasa desain rumah, jasa desain rumah online, harga jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah minimalis, jasa desain rumah minimalis sederhana, jasa desain rumah mewah, jasa desain rumah murah, jasa desain rumah minimalis 1 lantai, jasa desain rumah kita, jasa desain rumah kost, jasa desain rumah dan rab, harga jasa desain rumah per meter, jasa desain rumah minimalis 2 lantai, jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah per m2, jasa desain rumah online murah, jasa desain rumah elegan, jasa desain rumah minimalis modern 2 lantai, jasa desain rumah 2 lantai, jasa desain rumah tinggal, jasa desain rumah minimalis murah, jasa desain rumah klasik, jasa desain rumah modern, jasa desain rumah kecil, kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah, harga kontraktor rumah per meter, kontraktor rumah sakit, kontraktor rumah murah, rekomendasi kontraktor rumah, jasa arsitek dan kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah murah

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×