Posisi Saklar atau Stop Kontak Sesuai Fungsi

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Posisi Saklar atau Stop Kontak Sesuai Fungsi. Saklar merupakan perangkat penting dalam suatu hunian. Umumnya orang akan memasang saklar guna menghidupkan lampu dengan posisi di area tengah dinding. Posisi ini memang sering kita temukan, namun apakah kamu pernah melihat saklar posisi lain?. Penentuan posisi saklar atau stop kontak disesuaikan berdasarkan apa fungsi nya. Untuk lebih jelasnya cek ulasan tentang posisi saklar atau stop kontak berikut ini :

Sejajar dengan Tubuh

9to5mac.com

Idealnya posisi saklar dan stop kontak listrik yang benar atau stop kontak adalah sejajar dengan tubuh dengan ketinggian berada pada 145 sentimeter dari lantai. Posisi tersebut dirasa tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.

Biasanya memasang saklar atau stop kontak di posisi ini diperuntukkan untuk menghidupkan lampu ruangan-ruangan tertentu. Contohnya, saklar dan stop kontak yang terletak di atas meja untuk menghidupkan lampu atau keperluan lainnya.

Posisi Saklar Listrik di Tengah

posisi saklar fungsi
yoswit.com

Posisi ini hampir sama dengan posisi saklar dan stop kontak sejajar dengan tubuh. Posisi di tengah ini diperuntukkan untuk mengaliri listrik sejumlah barang elektronik seperti mengisi daya baterai handphone atau lemari es.

Namun, kembali diingatkan jika pemilihan posisi ini tergantung pada keinginan atau kebutuhan penghuni rumah.

Posisi Saklar di Atas

diynot.com

Posisi saklar dan stop kontak pada area atas dalam penggunaannya relatif jarang dipilih. Tapi tak jarang kita melihat pemasangan di posisi ini untuk keperluan tertentu, misalnya untuk pemasok listrik air conditioner (AC), kipas angin, cctv, router wifi dan lain-lain.

Posisi ini disarankan memiliki ketinggian sekitar 285 sentimeter dari permukaan lantai atau berjarak sekitar 15 sentimeter dari plafon.

Posisi Saklar Listrik di Bawah

posisi saklar fungsi
gadgetsin.com

Penempatan posisi saklar dan stop kontak di area bawah umumnya diperuntukkan bagi kebutuhan pasokan barang elektronik seperti televisi, telepon, kulkas, komputer, alat pembersih dan lain-lain. Namun dalam beberapa kasus seperti di cafe, resto dan wifi corner banyak yang menggunakan posisi ini untuk keperluan mengisi daya baterai handphone atau laptop.

Perlu diingatkan, jika kamu memilih posisi saklar dan stop kontak di bawah sebaiknya gunakanlah penutup sebagai pengaman. Hal ini dimaksudkan agar tidak menjadi mainan anak atau menghindari air yang menggenang. Ketinggian yang disarankan pada saklar dan stop kontak di posisi ini berada di angka sekira 40 sentimeter dari permukaan lantai.

Posisi di Lantai

posisi saklar fungsi
socketsandswitches.com

Pemosisian saklar dan stop kontak di lantai umumnya digunakan dalam kegiatan-kegiatan outdoor. Ada juga cafe atau resto yang ada live music menggunakan posisi stop kontak di bawah untuk aliran listrik untuk audio.

Pada posisi di lantai ini biasanya saklar atau stop kontak mempunyai desain yang sedikit berbeda untuk keamanan. Selain itu, bahan yang digunakan untuk membuatnya cukup kuat lantaran karena perlu akan tahan benturan dan tidak mudah rusak.


Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan, kami membahas tentang rumah seperti desain terbaru, proses pembuatan, perencanaan dan lain-lain.


Tags :

wonosobo, banjarnegara, temanggung, magelang, yogyakarta, kontraktor interior, kontraktor interior design, interior kontraktor, jasa kontraktor rumah, jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor apartemen, jasa kontraktor gudang, jasa kontraktor hotel, jasa kontraktor terbaik di indonesia, jasa kontraktor kantor, jasa kontraktor lantai, jasa kontraktor lokal, jasa kontraktor rumah 2 lantai, jasa kontraktor per meter, jasa kontraktor renovasi rumah, jasa kontraktor rumah murah, jasa kontraktor taman, jasa kontraktor rumah terbaik, jasa arsitek rumah, jasa arsitek, jasa arsitek murah, jasa arsitek rumah mewah, jasa arsitek rumah minimalis, jasa arsitek desain rumah, jasa arsitek rumah murah, jasa arsitek renovasi rumah, jasa arsitek online, jasa arsitek rumah klasik, jasa arsitek dan desain interior, jasa arsitek profesional, jasa arsitek rumah online, jasa desain rumah, harga jasa desain rumah, jasa desain rumah online, harga jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah minimalis, jasa desain rumah minimalis sederhana, jasa desain rumah mewah, jasa desain rumah murah, jasa desain rumah minimalis 1 lantai, jasa desain rumah kita, jasa desain rumah kost, jasa desain rumah dan rab, harga jasa desain rumah per meter, jasa desain rumah minimalis 2 lantai, jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah per m2, jasa desain rumah online murah, jasa desain rumah elegan, jasa desain rumah minimalis modern 2 lantai, jasa desain rumah 2 lantai, jasa desain rumah tinggal, jasa desain rumah minimalis murah, jasa desain rumah klasik, jasa desain rumah modern, jasa desain rumah kecil, kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah, harga kontraktor rumah per meter, kontraktor rumah sakit, kontraktor rumah murah, rekomendasi kontraktor rumah, jasa arsitek dan kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah murah

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×