pertanyaan kepada
livinator.com

Pertanyaan Wajib Diajukan Kepada Penjual Rumah. Pertanyaan-pertanyaan penting yang harus Anda ajukan kepada pemilik rumah sebelum membelinya adalah :

Mengapa rumah dijual? 

Ini adalah pertanyaan penting yang dapat memberi Anda informasi untuk menentukan harga penawaran yang sesuai dengan kondisi rumah dijual dan menentukan seberapa besar kebutuhan penjual untuk segera melepas rumah tersebut.

Berapa biaya maintenance rumah dijual?

Pertanyaan ini diajukan agar biaya yang harus dikeluarkan secara rutin tergambar. Contohnya, besar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), tagihan listrik rata-rata, tagihan PAM, iuran kebersihan dan keamanan lingkungan.

Apa masalah bangunan rumah dijual?

Anda perlu mengetahui semua masalah yang melekat pada bangunan, baik yang pernah atau sedang terjadi. Ini penting agar Anda bisa memperkirakan tindakan dan biaya yang perlu diambil guna mengantisipasinya. Misalnya ada pipa air di bawah tanah yang bocor dan pompa air menyala otomatis, maka tagihan listrik jadi mahal. Di lain kasus, mungkin terdapat juga kusen dan partisi yang sudah dimakan rayap, keramik yang pecah, dinding yang lembab, dan lain sebagainya.

Kejadian apa saja yang pernah terjadi di rumah dijual tersebut?

Pertanyaan ini diajukan untuk mengetahui masalah atau kejadian yang pernah terjadi di rumah itu sebelumnya. Misalnya pernah terjadi kematian di rumah tersebut atau mungkin rumah ini memiliki nilai-nilai tertentu sehingga layak mendapat apresiasi (misalnya rumah mantan pejabat atau rumah milik pahlawan nasional, dan lain-lain).

Bagaimana fasilitas infrastruktur di lokasi rumah?

Informasi ketersediaan fasilitas sekolah, pasar, supermarket, dan lebar jalan yang memadai di lingkungan yang baik akan menjadi poin tambahan. Selain itu Anda juga bisa melakukan survei sendiri. Semakin baik dan lengkap fasilitas yang ada, semakin bernilai pula rumah dijual. Anda pun bisa langsung memperkirakan besaran dana yang bakal keluar untuk membeli rumah tersebut.

Bagaimana status rumah tersebut?

Status rumah dijual jangan pernah lupa ditanyakan kepada penjual. Hindari jatuh cinta pada rumah yang bermasalah dalam hal kepemilikan alias dalam sengketa. Selain rumit urusan jual belinya, membeli rumah dijual seperti ini berisiko tinggi. Ada baiknya mencari tahu dengan benar dan lakukan cross check sebelum membayar. Lebih baik menunggu informasi sejelas-jelasnya dan lengkap sebelum pembuatan perjanjian, daripada menyesal di kemudian hari.

Hal-hal lain yang Patut Pertimbangkan

Rumah second bisa menjadi investasi yang sangat menguntungkan. Pada saat meninjau rumah dijual yang Anda minati, pertimbangan benar-benar beberapa hal di bawah ini:

  • Apakah rumah dijual itu lebih cocok dihuni atau sebagai investasi?
  • Apakah tata letak rumah dijual itu cocok? Apakah bisa diubah?
  • Bagaimana kondisi lingkungan rumah, apakah aman dan nyaman untuk dihuni?
  • Bagaimana kualitas air di rumah dijual tersebut?
  • Berapa daya listrik di rumah tersebut?
  • Apakah ada tempat untuk menyimpan barang-barang?
  • Apakah ada perabotan atau elemen bangunan yang harus diperbaiki?
  • Bagaimana kondisi atap rumah?
  • Apakah harus melakukan renovasi besar?
  • Apakah luas halaman cocok dengan yang dibutuhkan?
  • Apakah kamar mandi cukup bagi keluarga?
  • Apakah harga rumah terjangkau?

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan. Dan juga cek channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011

×