Perhatikan Standar Instalasi Listrik Rumah

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Perhatikan Standar Instalasi Listrik Rumah. Listrik merupakan kebutuhan utama dalam kehidupan rumah tangga. Karena jika terjadi pemadaman listrik, hal tersebut mengganggu terutama pada malam hari.

Namun, seringkali kita lupa bahwa di balik fungsinya, listrik menyimpan potensi bahaya yang besar jika instalasinya tidak tepat. Mulai dari kena setrum, korsleting listrik hingga kebakaran, semua bisa terjadi karena hal ini. Agar terhindar dari hal tersebut, perhatikan standar Instalasi Listrik berikut ini :

Menggunakan jasa petugas instalasi listrik bersertifikat

Saat ingin menginstalasi listrik, kamu perlu memperhatikan dengan baik dan serahkan kepada ahlinya. Apalagi jika kamu sendiri tak ahli di bidang tersebut. Mungkin semua terlihat baik-baik saja, tapi tak ada yang tahu apakah hasil pemasangannya sudah benar atau belum.

Untuk itu, hindari menggunakan tukang bangunan biasa. Pilihlah petugas bersertifikasi. Selain lebih aman, kamu juga bisa mengajukan Surat Laik Operasi (SLO) pada badan Komite Nasional Keselamatan untuk Instalasi Listrik (Konsuil). Surat ini nantinya menjadi izin ke PLN untuk mendapatkan aliran listrik. 

instalasi listrik (ma-developmentservices.co.uk)
ma-developmentservices.co.uk

Gunakan peralatan listrik ber-SNI

Pada saat membeli peralatan listrik sebaiknya cari yang sudah terdapat logo SNI, jangan mudah tergiur dengan harga murah. Sebab, standar keselamatan pada perangkat yang telah berlogo SNI sudah terjamin keamanannya. Namun jangan lupa juga untuk memastikan pemasangannya sudah sesuai ketentuan. 

Pasang Mini Circuit Breaker (MCB)

MCB merupakan pengaman pertama bagi jaringan listrik rumah. Ia berfungsi untuk melindungi jaringan dan perabot listrik ketika terjadi arus berlebih. Apabila terjadi kelebihan arus, maka MCB akan mematikan aliran.

Pemilihan kabel jaringan juga sangat penting. Jangan menggunakan kabel jaringan dengan daya hantar lebih kecil dari MCB. Sebab, kabel bisa panas dan rusak sehingga timbul arus bocor, dan terjadi kebakaran.

instalasi listrik (cselectrical.org)
cselectrical.org

Pasang Earth Leakage Circuit Breaker (ELCB)

ELCB adalah pencegah arus bocor yang menyebabkan kebakaran dan sengatan listrik. Karena ELCB akan membuat arus tersebut terputus secara otomatis saat terjadi kebocoran.

Pasang jaringan sesuai dengan kapasitas

Hindari memasang jaringan listrik dengan kapasitas berlebihan. Apabila kamu memang mau menambah jaringan listrik, misalnya karena menambah level rumah atau menambah ruang, sebaiknya panggil kembali jasa instalasi listrik. 

Nantinya, mereka akan menghitung kapasitas jaringan yang memenuhi syarat. Jika kapasitas listrik tidak memenuhi, maka buat jaringan baru yang terpisah dari aliran utama.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan Layar. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Powered by WhatsApp Chat

×