fbpx

Saat kamu ingin membeli sebuah properti seperti rumah, terdapat istilah-istilah mengenai tipe rumah seperti cluster dan townhouse. Karena biasanya para pengembang properti bangunan sering memasarkan produk mereka dengan kedua istilah tersebut.

Sebelum memutuskan untuk memilih salah satu tipe rumah antara rumah cluster atau townhouse, ketahui lebih dulu mengenai perbedaan antara rumah clusterdan juga townhouse dibawah ini.

Definisi

Rumah cluster merupakan sekelompok rumah yang dibangun di dalam satu lingkungan dengan komposisi yang harmonis tanpa ada pagar yang memisahkan antar halaman rumah. Namun, umumnya hanya terdapat satu jalan akses masuk dan keluar yang dijaga oleh petugas keamanan, sehingga keamanan para penghuni dinilai terjamin.

Rumah townhouse umumnya diartikan sebagai kompleks perumahan dengan jumlah unit terbatas yang berada di tengah kota dengan sistem layaknya rumah cluster di mana seluruh kompleks dilindungi pagar atau tembok. Fasilitas-fasilitas penunjang yang disediakan khusus bagi para penghuni townhouse boleh terbilang ekslusif dan megah seperti kolam renang, pusat kebugaran, dan lainnya.

Jumlah unit rumah

Kompleks perumahan cluster biasanya memiliki jumlah yang banyak dan memiliki luas yang cukup dengan jumlah rumah.

Karena konsep perumahan townhouse itu eksklusif, biasanya hanya terdapat unit lebih sedikit di banding perumahan cluster.

Fasilitas

Kompleks perumahan cluster memiliki fasilitas yang tersebar di area kompleks perumahan dengan jumlah yang terbatas.

Sedangkan kompleks perumahan townhouse memiliki fasilitas yang tersedia lebih lengkap dan semuanya bisa dinikmati dalam satu komplek yang sama.

Konsep dasar kompleks

Kompleks rumah cluster lebih memprioritaskan pada keamanan lingkungan timpat tinggal. Kompleks rumah cluster biasanya menggunakan sistem satu gerbang yang di jaga ketat oleh petugas keamanan selama 24 jam setiap harinya.

Untuk Kompleks perumahan townhouse memiliki sistem yang sama dengan rumah cluster. Bedanya adalah, kompleks perumahan townhouse menghadirkan perumahan yang eksklusif di tengah perkotaan untuk memenuhi kebutuhan para ekspatriat dan kaum elit.

Kebijakan

Rumah cluster cocok untuk kamu yang ingin rumah yang kamu tinggali di renovasi sesuai keinginan, walaupun rumah yang di beli sudah memiliki desain tersendiri.

Sedangkan rumah townhouse biasanya memiliki desain yang lebih megah di banding dengan rumah cluster dan di sesuaikan dengan seluruh kompleks. Rumah tipe ini umumnya tidak boleh di renovasi tampilan depan rumah.

Itulah perbedaan mendasar antara rumah cluster dan rumah townhouse. Semoga dengan membaca artike ini kamu tidak salah dalam memilih tipe rumah yang kamu inginkan.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011