Perbedaan Oven dan Microwave, Sering Salah Paham

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Perbedaan Oven dan Microwave, Sering Salah Paham. Saat ingin mengolah atau memanaskan makanan, mungkin alat yang ada dibenakmu adalah microwave dan oven. Memang kedua alat ini bisa dikatakan memiliki fungsi yang sama. Tapi terdapat perbedaan dari segi fungsi dan cara menggunakannya. Hal tersebut dapat mempengaruhi makanan yang kamu buat. Untuk lebih jelasnya, cek ulasannya di bawah ini :

perbedaan oven microwave

Jenis Makanan yang Dipilih

Oven sesuai digunakan untuk memasak makanan menu dengan pemanasan merata atau proses memanggang, seperti daging panggang, kue, roti, dan pizza. Sedangkan microwave lebih cocok untuk memanaskan makanan siap saji, mencairkan makanan yang beku, dan memasak makanan instan. Microwave memiliki jenis makanan yang terbatas untuk diproses, seperti misalnya telur karena dapat meledak apabila dipanaskan di dalamnya.

Cara Kerja

Oven menggunakan pemanasan konveksi atau konduksi untuk memasak makanan. Itu artinya, alat ini memanaskan makanan dengan mengalirkan udara panas di sekitar makanan atau langsung memanaskan permukaannya.

Sementara untuk microwave, alat ini menggunakan gelombang mikro untuk memanaskan molekul air di dalam makanan. Gelombang mikro ini dapat menembus makanan dan menyebabkan partikel air bergetar, kemudian menghasilkan panas dan memanaskan makanan.

Waktu Memasak

Apabila memasak dengan oven, kamu akan memerlukan waktu lebih lama karena proses pemanasan udara di sekitar makanan. Tetapi kalau memasak dengan microwave akan lebih cepat karena panas dihasilkan secara langsung di dalam makanan.

Wadah yang Digunakan

Oven bisa menggunakan berbagai macam wadah, termasuk piring panggangan, loyang, dan wajan tahan panas. Sedangkan microwave disarankan menggunakan wadah yang tahan panas dan cocok untuk digunakan dalam microwave, seperti piring gelas atau wadah plastik khusus micro.

Besar dan Daya Listrik

Ukuran oven umumnya lebih besar daripada microwave dan memerlukan daya listrik yang lebih tinggi. Sedangkan micro adalah perangkat dengan ukuran lebih kecil daripada dan memiliki konsumsi daya listrik yang lebih rendah.

Harga

Microwave memiliki harga jual yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan oven, apalagi jika memiliki spesifikasi teknis dan fungsi yang  lengkap di dalamnya.


Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan, kami membahas tentang rumah seperti desain terbaru, proses pembuatan, perencanaan dan lain-lain.


Tags :

wonosobo, banjarnegara, temanggung, magelang, yogyakarta, kontraktor interior, kontraktor interior design, interior kontraktor, jasa kontraktor rumah, jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor apartemen, jasa kontraktor gudang, jasa kontraktor hotel, jasa kontraktor terbaik di indonesia, jasa kontraktor kantor, jasa kontraktor lantai, jasa kontraktor lokal, jasa kontraktor rumah 2 lantai, jasa kontraktor per meter, jasa kontraktor renovasi rumah, jasa kontraktor rumah murah, jasa kontraktor taman, jasa kontraktor rumah terbaik, jasa arsitek rumah, jasa arsitek, jasa arsitek murah, jasa arsitek rumah mewah, jasa arsitek rumah minimalis, jasa arsitek desain rumah, jasa arsitek rumah murah, jasa arsitek renovasi rumah, jasa arsitek online, jasa arsitek rumah klasik, jasa arsitek dan desain interior, jasa arsitek profesional, jasa arsitek rumah online, jasa desain rumah, harga jasa desain rumah, jasa desain rumah online, harga jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah minimalis, jasa desain rumah minimalis sederhana, jasa desain rumah mewah, jasa desain rumah murah, jasa desain rumah minimalis 1 lantai, jasa desain rumah kita, jasa desain rumah kost, jasa desain rumah dan rab, harga jasa desain rumah per meter, jasa desain rumah minimalis 2 lantai, jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah per m2, jasa desain rumah online murah, jasa desain rumah elegan, jasa desain rumah minimalis modern 2 lantai, jasa desain rumah 2 lantai, jasa desain rumah tinggal, jasa desain rumah minimalis murah, jasa desain rumah klasik, jasa desain rumah modern, jasa desain rumah kecil, kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah, harga kontraktor rumah per meter, kontraktor rumah sakit, kontraktor rumah murah, rekomendasi kontraktor rumah, jasa arsitek dan kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah murah

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×