Perbedaan Kolom Bangunan Utama Dan Praktis. Dalam membangun sebuah bangunan, entah itu bangunan yang kecil sampai yang besar kehadiran kolom utama dan praktis sangatlah diperlukan. Keberadaanya berguna agar bangunan memiliki ketahanan yang stabil. Dengan adanya kolom ini juga membantu agar bangunan meminimalisir resiko terjadinya runtuh akibat guncangan.

perbedaan kolom

Kolom bagi bangunan

Kolom adalah rangka yang memastikan bahwa bangunan dapat berdiri dengan kokoh. Kolom berfungsi agar bangunan tidak mudah roboh. 

Pada sebuah bangunan, tentunya akan terdapat berbagai jenis beban. Mulai dari beban manusia dan barang, serta beban hembusan angin dan guncangan. Beban yang diterima bangunan dari bagian atap, akan diteruskan ke kolom. Seluruh beban yang diterima kolom kemudian akan didistribusikan ke permukaan tanah di bawahnya.

Kolom Utama

Struktur kolom utama merupakan kolom yang fungsinya menyanggah beban utama yang berada di atasnya. Kolom struktur utama berfungsi untuk menopang balok dan lantai bangunan. Biasanya kolom utama terpasang dalam jarak 3,5 meter agar dimensi balok untuk menopang lantai tidak tidak begitu besar.

Kolom praktis

Sedangkan kolom praktis adalah tiang struktur yang bertugas untuk membantu kolom utama. Dalam standar bangunan perumahan, biasanya jarak kolom ini berkisar antara 3 sampai 4 meter. Rangka struktur dari kolom ini biasanya berada dalam posisi vertikal untuk menopang beban balok.

Walaupun memiliki fungsi yang kurang lebih sama, ada sejumlah perbedaan pada kolom utama dan praktis dalam proses pembangunan rumah atau gedung. Kolom utama punya peran besar dalam menopang seluruh bagian bangunan secara vertikal. Sedangkan praktis hanya berfungsi menahan dinding dari gaya melintang agar tidak roboh. 

Kolom utama memiliki ukuran yang besar, atau pipih namun panjang, ditambah dengan pondasi yang dalam. Sedangkan yang praktis justru tersembunyi dalam dinding dan tidak kelihatan dari luar.

Kolom utama berfungsi untuk menopang balok dan lantai bangunan. Sementara praktis hanya membantu untuk menopang balok kolom utama.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan. Dan juga cek channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.

ARTIKEL TERKAIT


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011

×