Umumnya orang akan menjawab ilmu membangun rumah jika muncul pertanyaan apa itu arsitektur. Ya, meskipun ada yang menjawab berbeda namun pada intinya sama, Namun perlu kamu ketahui pengertian arsitektur itu sangatlah luas dan mungkin tidak terpikirkan.

Nah berikut pengertian arsitektur yang dinyatakan oleh beberapa para ahli. langsung saja cek di bawah ini.

Menurut Djauhari Sumintardja

Tokoh arsitektur Indonesia, Djauhari Sumintardja, mengatakan bahwa pengertian arsitektur ialah sebagai karya manusia yang bermanfaat bagi manusia itu sendiri. Manfaat dari arsitektur tersebut dapat dirasakan oleh tubuh karena dapat memberikan perlindungan, serta memiliki manfaat bagi jiwa karena bisa menyuguhkan rasa nyaman, sejuk dan tenang.

Menurut Renzo Piano

Pengertian arsitektur berbeda dinyatakan oleh Renzo Piano yang menyebutkan bahwa gaya arsitektur idealnya dirancang berdasarkan metode yang ada, bukan dibentuk menjadi sebuah merek dagang karena secara tak langsung akan membunuh kebebasan pada arsitek untuk mengembangkan ide, gagasan dan kreasi.

Menurut Robert Gutman

Profesor sosiologis yang memiliki peranan penting dalam Komunitas Arsitektur Princeton University di Amerika Serikat, Robert Gutman, mempunyai pandangan sedikit berbeda terkait pengertian arsitektur. Menurutnya, arsitektur merupakan lingkungan produksi yang tak sekadar menjadi jembatan antara manusia dan lingkungan, melainkan berperan sebagai wadah ekspresi yang dapat mengatur kehidupan jasmani dan psikologi.

Menurut Marcus Pollio Vitrovius

Dikenal sebagai bapak arsitektur dunia yang identik dengan karya De Architecture, tokoh yang satu ini menyatakan bahwa pengertian arsitektur merujuk pada kekuatan, estetika dan fungsi. Selain tiga poin utama tersebut, ilmu arsitektur sendiri pun dikembangkan dari ilmu pengetahuan lain seperti ilmu filsafat sehingga menghasilkan sebuah karya seni yang filosofis.

Dapat disimpulkan bahwa arsitektur tak hanya merujuk pada fungsi dan desain bangunan semata, namun memiliki makna filosofis yang mampu memberikan keseimbangan, keindahan, hingga memengaruhi kesehatan. Lantas, setujukah kamu dengan pengertian arsitektur menurut pendapat ahli di atas?

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011

×