Ornamen-Ornamen Ukiran Kayu Yang Klasik. Indonesia memiliki ragam ornamen ukiran kayu yang masing-masing memiliki karakternya sendiri  untuk disesuaikan berdasarkan konsep interior rumah. Kamu bisa menggunakan dekorasi berupa ornamen ukiran kayu pada interior rumah dari jenis-jenis ukiran kayu di bawah ini :

Ukiran Kayu Khas Jepara

See the source image, ornamen Ukiran kayu
courtina.id

Ukiran kayu khas Jawa yang sangat populer di Indonesia, saat ini banyak diproduksi oleh pengrajin lokal di daerah Jepara. Ukiran kayu ini umumnya dibuat dengan menonjolkan karakter yang berhubungan dengan alam. Ornament ini juga banyak diaplikasikan pada berbagai peralatan ataupun dekorasi, seperti hiasan dinding, frame foto, hingga gebyok. 

Ukiran Kayu Khas Melayu

See the source image
pinterest.com

Ukiran kayu khas Melayu yang banyak digunakan di kawasan Sumatera. Ukiran kayu ini memiliki karakter berupa pola berbentuk simetris yang diperkaya dengan bentuk rangkaian garis bergaya abstrak. Ukiran ini juga mengalami perkembangan oleh ajaran islam yang membuatnya sering dipadukan dengan ornamen arab, seperti kaligrafi.

Ukiran Kayu Khas Bali

See the source image, ornamen Ukiran kayu
blogspot.com

Ukiran kayu khas Bali memiliki bentuk yang sangat simetris dan mengandung filosofi yang dipengaruhi oleh ajaran Hindu. Selain itu, ukiran kayu ini umumnya memiliki karakteristik berupa dedaunan berbentuk melingkar maupun cembung dengan finishing mengkilap.

Ukiran Kayu Khas Dayak

See the source image, ornamen Ukiran kayu
courtina.i

Ukiran kayu Dayak memiliki pola yang sangat khas, yakni berbentuk sulur melengkung dengan bagian ujung yang dibuat lebih runcing. Ukiran khas ini biasanya menggunakan warna terang yang sangat mencolok, seperti merah ataupun kuning bisa juga tanpa warna. 

Ukiran Kayu Khas Toraja

See the source image
blogspot.com

Ukiran kayu khas Toraja memiliki makna tersendiri karena melambangkan tingginya sifat saling membantu atau gotong royong pada masyarakat Toraja, baik itu keluarga ataupun bukan keluarga. Ukiran kayu ini memiliki karakter pada penggunaan warna dasar berwarna hitam dan kemerahan sebagai lambang tanah Toraja.

Ukiran Kayu Khas Asmat

See the source image, ornamen Ukiran kayu
indonesiakaya.com

Ukiran kayu khas Papua ini mewakili suku Asmat dan memiliki karakter unik karena umumnya mengadopsi bentuk manusia.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan Layar. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Powered by WhatsApp Chat

×