fbpx

Perubahan kecil bisa mengubah hidup kita seluruhnya. Salah satu kutipan terkenal dari ahli menata rumah dunia, Marie Kondo. Mungkin kamu masih belum familiar dengan nama Marie Kondo. Siapa, Marie Kondo itu?

Marie Kondo adalah penulis best-seller sekaligus ahli organizing dan decluttering terkenal asal Jepang. Bukunya yang berjudul The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing sendiri sudah terjual jutaan kopi di lebih dari 30 negara.

Terkenal dengan slogan khasnya, “does it sparks joy?”, metode Konmari memfokuskan diri untuk menentukan barang mana yang ingin disimpan atau dibuang dengan joy atau kebahagiaan sebagai penentunya.

Semuanya dijelaskan menyeluruh di buku milik Marie Kondo ini. Barulah setelah itu kita diajak untuk merapikan rumah. Lalu seperti apa tipsnya? langsung saja simak di bawah ini!

Membayangkan rumah impianmu

Mulailah langkahmu dengan membayangkan bentuk rumah yang ideal menurutmu. Rumah seperti apa yang bisa membuatmu bahagia? Penataan seperti apa dan apakah bisa membantu aktivitas sehari-harimu di rumah?. Dengan membayangkan hal tersebut bisa membantumu utuk tidak menyimpan barang-barang yang nggak perlu, mencegahmu boros dan hanya menyimpan barang yang diperlukan saja.

Merapikan berdasarkan jenis barang

blibli.com

Marie Kondo memberitahukan untuk merapikan berdasarkan jenis barang, disarankan dari barang-barang yang kemungkinannya memiliki nilai sentimental kecil.

Melipat Baju

onelovelylife.com

Menurut Maria Kondo, dibandingkan menumpuk pakaian asal-asalan dalam lemari atau menggantungnya, lebih baik pakaianmu dilipat dengan rapi pada laci kabinet (dresser). Menurutnya pakaian yang kamu lipat akan lebih ‘bahagia’ bahkan ia-pun sampai menciptakan teknik melipat baju!

Menyimpan barang yang membuatmu senang

twitter.com

Slogan “does it sparks joy?” Tak jadi sekadar kata-kata saja. Maria Kondo pun mengaplikasikan kata tersebut kedalam metode Konmari miliknya. Saat merapikan barang, metode Konmari meminta kita untuk ‘merasakan’ barang-barang tersebut. Terdengar tidak masuk akal, namun memang ada benarnya. Coba saja lihat berapa pakaian yang kamu pakai sekali atau dua kali karena tidak cocok dengan stylemu. Teknik ini membuat prioritas saat menyimpan barang.

Manfaatkan barang nggak terpakai

sterlingdevelopers.com

Sesuatu benda yang kamu pikir sudah tidak dibutuhkan lagi, bisa jadi tempat penyimpan. Salah satu barang favorit Kondo adalah kotak sepatu. Memiliki ukuran yang pas untuk menyimpan barang-barang kecil, kotak sepatu sangat ideal untuk menyimpan perkakas rumah, alat kebersihan, sampai kaos kaki. Selain itu, kotak sepatu juga ramah lingkungan.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011