Menyiasati Ventilasi dan Cahaya di Rumah Sempit

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Menyiasati Ventilasi dan Cahaya di Rumah Sempit. Memiliki rumah yang sempit dan sekat dengan tetangga merupakan suatu tantangan untuk faktor pencahayaan dan ventilasi rumah. Rumah yang bagus memerlukan sebuah sistem ventilasi dan akses pencahayaan yang bagus. 

Umumnya untuk ventilasi rumah, akan ada jendela di bagian depan, belakang dan samping rumah. Namun hal itu tidak bisa didapatkan jika tinggal di padatnya penduduk. Terdapat trik untuk menyiasati ventilasi dan cahaya di rumah sempit ini. Berikut menyiasati sekaligus cara agar mendapatkan ventilasi udara dan cahaya alami di rumah kecil.

Cara Menyiasati Ventilasi Udara dan Akses Cahaya Alami 

Cara menyiasati ventilasi udara dan akses cahaya bisa dilakukan dengan tiga cara. Pertama, memasang jendela dan pintu kaca berukuran besar di sejumlah bagian rumah. Kedua, membuat void atau semacam ruang terbuka di dalam ruangan, antar lantai di dalam rumah. Ketiga, menghadirkan taman dan tanaman sehingga ada udara yang segar yang bisa dihasilkan. 

Jendela Berukuran Besar

ventilasi cahaya
hegeinfrance.com

Cara pertama dalam menyiasati ventilasi udara adalah memasang jendela berukuran besar. Jangan lupa juga pasang di kamar tidur utama solusi lain untuk ventilasi udara. Ukuran ventilasi udara bisa disesuaikan dengan luas ruangan.

Void

ventilasi cahaya
archello.com

Void bisa menjadi solusi ventilasi udara minimalis dan juga ventilasi udara dinding. Kehadiran void rumah dalam sebuah rancangan pada dasarnya tidak hanya sekedar sebagai pemanis atau memberikan segi estetis pada rumah saja. Namun juga memberikan manfaat bisa memberikan pencahayaan alami.

Tanaman

ventilasi cahaya
leonandgeorge.com

Dalam membuat ruangan terlihat segar dan nyaman adalah memasukkan tanaman ke dalam rumah merupakan solusi paling mudah. Kehadiran tanaman bisa menjadi bagian dari ventilasi udara rumah minimalis, hal ini menjadi cara ketiga. Taman memberikan oksigen yang dibutuhkan oleh penghuni rumah yang terdiri dari tiga generasi ini. 

Jika kamu tinggal di pemukiman warga, bisa dikatakan betapa sempitnya rumah yang kamu tinggali di antara hunian lain, namun kehadiran taman bisa mengubahnya. Kehadiran taman atap menjadi semacam ventilasi atap atau ventilasi udara atap yang memberikan kesejukan pada bangunan.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan. Dan juga cek channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *