Menghemat Uang Dengan Menanam Tanaman Serbaguna Ini

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Tanaman serbaguna adalah tanaman yang seluruh bagiannya bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, misalnya sebagai makanan serta tanaman obat-obatan. Bagian yang dimanfaatkan tersebut mulai dari akar, batang, buah, hingga daunnya.

Di Indonesia sendiri ada cukup banyak tanaman serbaguna, beberapa di antaranya bisa kamu tanam di halaman rumah sendiri. Bagi kamu yang tertarik untuk memiliki tanaman serbaguna sendiri dan menghemat uang belanja, coba simak beberapa bibit tanaman serbaguna berikut ini!

Bibit tanaman pepaya

Siapa yang tidak mengenal tanaman pepaya? Bagian buahnya bisa dimakan dan bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, rasanya pun manis. Buah pepaya muda juga bisa disayur menjadi masakan yang nikmat. Sedangkan daun tanaman pepaya bisa dimanfaatkan sebagai bahan masakan, obat penghilang jerawat, obat penambah nafsu makan, hingga mengobati darah tinggi dan demam berdarah.

Bibit tanaman yang satu ini cukup mudah ditemukan di pasaran dan mudah perawatannya. Pastikan saja kalau halaman atau taman rumah milikmu cukup luas karena bibit tanaman ini bisa tumbuh besar.

Bibit tanaman singkong

Kalau buah dari bibit tanaman yang satu ini, Kania yakin kamu sering menyantapnya. Daging singkong ini mudah ditemui dalam bentuk gorengan, keripik, tape, getuk, kukusan, rebusan, dan aneka jajanan tradisional lainnya. Bahkan di sejumlah daerah, masyarakatnya memanfaatkan daging singkong untuk pengganti nasi atau sumber karbohidrat.

Daging singkong ini mengandung protein, lemak, kalsium, vitamin B, dan vitamin C. Selain sehat bagi tubuh, singkong ini bisa jadi makanan pokok untuk kamu yang sedang diet karena kandungan karbohidratnya lebih rendah dibandingkan dengan nasi atau roti. Perut pun akan terasa kenyang lebih lama.

Selain dagingnya, daun bibit tanaman singkong juga bisa kamu gunakan sebagai bahan masakan. Masakan dari daun singkong biasanya dapat kamu temukan di rumah makan Padang. Bagian batang pun bisa dimanfaatkan kembali sebagai bibit tanaman singkong.

Bibit tanaman lidah buaya

Bibit tanaman serbaguna berikutnya yang bisa kamu tanam di rumah adalah lidah buaya. Tanaman yang satu ini tidak memiliki daun, melainkan hanya batang. Namun bagian batangnya memiliki tekstur kenyal dan bisa dimakan.

Daging tanaman lidah buaya yang sudah diolah dengan cara direbus ini dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan. Beberapa khasiatnya adalah meredakan batuk, mengurangi panas dalam, melancarkan peredaran, menyembuhkan darah tinggi, hingga memperhalus kulit.

Daging tanaman lidah buaya ini juga memiliki lendir atau getah. Getah salah satu tanaman hortikultura ini bisa kamu oleskan di bagian kulit kepala untuk menyuburkan dan menghitamkan rambut. Selain itu bisa juga dioleskan ke bagian kulit yang meradang akibat jerawat atau luka bakar.

Bibit tanaman jahe

Bibit tanaman jahe juga bisa menghemat uang belanja jika kamu menanamnya di halaman rumah sendiri. Biasanya jahe ini digunakan sebagai salah satu bumbu masakan. Karena hanya butuh sedikit saja, rasanya sayang jika kamu harus pergi ke pasar dan membeli dalam jumlah banyak. Kalau kamu punya tanaman jahe di rumah, kebayang kan betapa mudahnya mengambil ketika membutuhkan?

Selain menjadi bumbu masak, jahe juga bisa diolah menjadi minuman penghangat tubuh sekaligus pengusir masuk angin. Cukup cuci bersih jahe, kemudian potong-potong atau tumbuk, lalu rebus hingga wangi. Kamu bisa mencampurkan air jahe ini dengan gula, pandan, teh, atau madu.

Bibit tanaman seledri

Bibit tanaman terakhir yang bisa kamu tanam sendiri di rumah dan sering dipakai saat memasak adalah bibit tanaman seledri. Batang dan daun seledri ini akan membuat masakanmu terasa nikmat dan lebih harum. Ketika kamu membutuhkannya, kamu tinggal memetik dari halaman sendiri.

Tanaman seledri juga bisa dimanfaatkan sebagai obat asam urat. Untuk menanamnya, kamu tidak perlu halaman yang luas karena bibit tanaman seledri ini bisa tumbuh dalam pot berukuran sedang.

Itulah bibit-bibit taman serbaguna yang bisa kamu tanam di rumah sehingga bisa menghemat uang belanjamu. Jangan lupa share dan cek artikel lainnya di saktidesain.com.

“SAKTI DESAIN adalah perusahaan jasa konsultan desain arsitektur, kontraktor bangunan untuk hunian (rumah/ apartemen) maupun komersial (kantor/ ruko/ tempat usaha lain) dan properti. Bagi Anda yang membutuhkan konsultasi, Anda dapat menghubungi kantor kami atau ke nomor (0286)323303 atau 085713235758. Kami melayani untuk seluruh wilayah Indonesia.”

Tag : wonosobo, banjarnegara, temanggung, magelang, yogyakarta, kontraktor interior, kontraktor interior design, interior kontraktor, jasa kontraktor rumah, jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor apartemen, jasa kontraktor gudang, jasa kontraktor hotel, jasa kontraktor terbaik di indonesia, jasa kontraktor kantor, jasa kontraktor lantai, jasa kontraktor lokal, jasa kontraktor rumah 2 lantai, jasa kontraktor per meter, jasa kontraktor renovasi rumah, jasa kontraktor rumah murah, jasa kontraktor taman, jasa kontraktor rumah terbaik, jasa arsitek rumah, jasa arsitek, jasa arsitek murah, jasa arsitek rumah mewah, jasa arsitek rumah minimalis, jasa arsitek desain rumah, jasa arsitek rumah murah, jasa arsitek renovasi rumah, jasa arsitek online, jasa arsitek rumah klasik, jasa arsitek dan desain interior, jasa arsitek profesional, jasa arsitek rumah online, jasa desain rumah, harga jasa desain rumah, jasa desain rumah online, harga jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah minimalis, jasa desain rumah minimalis sederhana, jasa desain rumah mewah, jasa desain rumah murah, jasa desain rumah minimalis 1 lantai, jasa desain rumah kita, jasa desain rumah kost, jasa desain rumah dan rab, harga jasa desain rumah per meter, jasa desain rumah minimalis 2 lantai, jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah per m2, jasa desain rumah online murah, jasa desain rumah elegan, jasa desain rumah minimalis modern 2 lantai, jasa desain rumah 2 lantai, jasa desain rumah tinggal, jasa desain rumah minimalis murah, jasa desain rumah klasik, jasa desain rumah modern, jasa desain rumah kecil, kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah, harga kontraktor rumah per meter, kontraktor rumah sakit, kontraktor rumah murah, rekomendasi kontraktor rumah, jasa arsitek dan kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah murah

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *