Mengenali Kayu Sungkai Lebih Dalam. Tak bisa dipungkiri, kayu selalu menjadi material paling favorit dalam pembuatan furnitur atau bangunan rumah. Apalagi, kayu ada banyak sekali jenisnya dan masing-masing memiliki karakteristik tersendiri. Dengan demikian, kamu bisa memilih jenis kayu yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget. Ada jenis kayu yang memang mahal, seperti kayu jati, tapi bagi kamu yang sedang mencari jenis kayu dengan harga yang lebih terjangkau, kayu sungkai bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kayu sungkai memang merupakan bahan baku furnitur yang kerap digunakan oleh kelas menengah. Meskipun demikian, kualitas kayu sungkai tidak kalah dengan jenis kayu lainnya. Nah, bagi kamu yang tertarik menggunakan kayu sungkai, sebaiknya kenali dulu serba-serbinya supaya tidak salah pilih. Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

mengenali kayu sungkai
pinterest.com

Asal Muasal Kayu Sungkai

Jenis kayu yang memiliki nama latin Peronema canescens Jack dan yang dikenal juga sebagai jati sabrang ini berasal dari pohon sungkai yang banyak tersebar di daerah Sumatera Selatan, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Selatan, dan Tengah, serta Sulawesi Tengah dan Selatan.

Pohon sungkai sendiri dapat bertumbuh hingga mencapai ketinggian 20 – 30 meter. Sementara, diameter batangnya bisa mencapai 60 sentimeter dengan ciri batang yang lurus dan berlekuk dangkal serta ranting yang dipenuhi bulu-bulu halus.

Karakteristik Kayu Sungkai

Ciri khas paling menonjol dari kayu sungkai adalah memiliki tekstur permukaan yang kasar meskipun sudah diamplas. Kayu sungkai memiliki berat yang berkisar di antara 0,50 – 0,70 kilogram per meter kubik nya.

Untuk warnanya, bagian luar kayu sungkai berwarna agak kelabu atau sawo muda dan bagian tengahnya berwarna coklat muda. Sementara itu, bagian pinggirnya memiliki warna yang lebih cerah dibandingkan bagian tengahnya. Sebenarnya, bagian pinggir kayu sungkai awalnya berwarna putih, tapi setelah dikeringkan akan berubah menjadi warna kekuningan yang cerah.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan. Dan juga cek channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.

ARTIKEL TERKAIT


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011

×