Mengenal Ukiran-ukiran Bali Yang Eksotis. Bali merupakan salah satu tempat wisata yang menawan di dunia yang menyimpan eksotis. Dari berbagai eksotis, ukiran Bali termasuk salah satu yang diminati dan sering dijadikan koleksi para pecinta interior.

Ukiran Bali mempunyai makna dan ciri khas tersendiri, tak heran jika ukiran ini sering dijadikan dekorasi rumah. Ukiran ini bisa menghiasi baik itu untuk hunian tradisional hingga modern. Berikut ragam-ragam ukiran Bali.

Inspirasi Alam

See the source image, ukiran bali eksotis
pinterest.com

Salah satu jenis ukiran Bali yang paling mudah dijumpai adalah yang bernuansa alam. Ukiran ini disebut juga motif Patra dengan ciri khas dedaunan dan motif bunga-bungaan, ukiran Bali ini juga sering menghadirkan gambar hewan yang elegan. Jenis ukiran Bali ini mengambil inspirasi dari alam, termasuk lekukan yang serba indah sebagai tanda keharmonisan dan keseimbangan yang ada. Walaupun sentuhan eksotisnya lebih simpel, tapi kecantikan dari ukiran tradisional ini selalu abadi dan tak mudah lekang oleh waktu. 

Style Kekarangan

See the source image
pinterest.com

Nah, ukiran Bali yang eksotis ini mungkin sudah tidak asing lagi. Dengan bentuk ukiran yang disebut Kekarangan, ukiran Bali ini menampilkan hiasan berupa bentuk bagian kepala makhluk fantasi. Mewakili bentuk hewan burung, ukiran Bali ini menekankan pada kemegahan detail, seperti mata yang besar, rahang yang kokoh, hingga kombinasi yang lebih eksotis. Umumnya, ukiran Bali ini terbuat dari batu dan dijadikan hiasan pada struktur rumah, terutama di bagian sudut.

Filosofi Buddhisme

See the source image, ukiran bali eksotis
ebay.com

Walaupun mayoritas penduduk Bali beragama Hindu, tapi Buddhisme punya akar yang erat pada ukiran Bali. Secara universal, sosok Buddha memang sering dihadirkan lewat patung-patung atau ukiran Bali dari berbagai material. Objek seni ini tidak hanya indah, tetapi juga bisa menjadi sebuah filosofi kebijaksanaan yang bermakna untuk para turis. Ukiran Bali bergaya Buddhisme ini jadi salah satu yang paling populer dan dicari-cari, lho!

Cerita

See the source image, ukiran bali eksotis
collectorsweekly.com

Banyak juga, nih ukiran Bali yang mengambil pendekatan dimensional. Seperti yang diketahui, komunitas pengukir Bali adalah salah satu yang paling mahir dan handal secara global sehingga ukiran Bali dengan sentuhan 3D menjadi wujud kreativitas yang sudah diekspektasi. Ukiran Bali yang demikian bisa hadir dengan berbagai variasi, tetapi umumnya ada pesan dan cerita yang ingin disampaikan sesuai si empunya. Menarik banget, ya? 

Variasi Dekorasi

See the source image
pinterest.com

Memang tidak ada habis-habisnya kalau sudah bicara tentang seni ukiran Bali. Sepanjang kaki menyusuri, setiap daerah Bali selalu memiliki komunitas pengukir yang siap menghadirkan berbagai karya seni menawan. Untuk menambah unsur eksotisme rumah, jangan lupa lirik juga ukiran Bali yang hadir pada aneka dekorasi, mulai dari ukuran yang kecil, sedang, hingga besar. Pilih juga bentuk yang sesuai selera, dijamin koleksi ukiran Bali di rumahmu membuat hati semakin senang.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan Layar. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×