Mengenal Rabat Beton dengan Serba-serbinya

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Mengenal Rabat Beton dengan Serba-serbinya. Bangunan tidak lepas dari pondasi yang kokoh guna menahan beban secara maksimal. Banyak jenis pondasi yang bisa kamu gunakan salah satunya adalah pondasi rabat beton dikenal juga dengan istilah lean concrete.

Jika kamu sedang membuat bangunan atau berencara membangun bangunana dan sedang mempertimbangkan untuk menggunakan pondasi ini. Cek beberapa informasi penting yang perlu kamu ketahui berikut ini :

civilsnapshot.com

Rabat Beton

Sederhananya pondasi ini terdiri dari komposisi bahan campuran antara pasir, semen, kerikil dan air di mana ia akan menghasilkan mutu beton. Umumnya kandungan semen yang ada dalam pondasi ini kurang dari 10% sehingga kerap disebut sebagai bahan dengan kekuatan rendah. 

Fungsi

Pondasi rabat beton memiliki fungsi utama yaitu sebagai lapisan beton. Namun pada pengaplikasiannya, pondasi ini lebih sering digunakan untuk pembangunan jalan karena mutu yang tinggi dibanding digunakan untuk alas bangunan. 

Kenapa pondasi ini lebih sering digunakan untuk pembangunan jalan, karena ia bisa menjaga permukaan agar tidak becek saat hujan. Ia juga dapat mencegah serangga dari tanah naik ke permukaan, menstabilkan kerataan permukaan beton, serta membantu ruang gerak para pekerja saat membangun sebuah proyek. 

Pembuatan

Komposisi pembuatan rabat beton harus diatur secara presisi dengan perbandingan bahan 1:2:3, yaitu bahan semen 1, bahan pasir 2, bahan kerikil 3, lalu dicampur dengan air sebanyak 0,5 porsi. Selain itu, penghitungan pembuatannya pun harus berdasarkan bobot jenis beton yang digunakan.

Agar proses pemasangan pondasi ini lebih presisi dan tidak mudah rusak, pastikan kamu menggunakan jasa yang ahli dan telah berpengalaman.

Rabat Beton
quora.com

Kelebihan dan Kekurangan Rabat Beton

Rabat beton memiliki kelebihan yang sudah mimin sebutkan di atas. Selain itu ia mampu menghalangi bahan kimia pada tanah agar tak merusak beton, mempermudah pengecoran dan mempermudah proses pembesian tulangan beton. Pondasi ini juga bisa mempercepat para pekerja sehingga efektif menghemat budget. 

Pondasi rabat beton juga memiliki kekurangan yang perlu kamu ketahui. Pertama pembuatan pondasi ini diperlukan formula campuran yang tepat. Kekurangan lainnya adalah pada bagian proses pengerjaan, ia harus dilakukan sekaligus agar lebih mudah menyatu dan tidak menimbulkan celah. Proses pengerjaannya pun tak boleh pada saat hujan karena hal tersebut akan mengurangi mutu dan campuran tidak sempurna.


Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan, kami membahas tentang rumah seperti desain terbaru, proses pembuatan, perencanaan dan lain-lain.


Tags :

wonosobo, banjarnegara, temanggung, magelang, yogyakarta, kontraktor interior, kontraktor interior design, interior kontraktor, jasa kontraktor rumah, jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor apartemen, jasa kontraktor gudang, jasa kontraktor hotel, jasa kontraktor terbaik di indonesia, jasa kontraktor kantor, jasa kontraktor lantai, jasa kontraktor lokal, jasa kontraktor rumah 2 lantai, jasa kontraktor per meter, jasa kontraktor renovasi rumah, jasa kontraktor rumah murah, jasa kontraktor taman, jasa kontraktor rumah terbaik, jasa arsitek rumah, jasa arsitek, jasa arsitek murah, jasa arsitek rumah mewah, jasa arsitek rumah minimalis, jasa arsitek desain rumah, jasa arsitek rumah murah, jasa arsitek renovasi rumah, jasa arsitek online, jasa arsitek rumah klasik, jasa arsitek dan desain interior, jasa arsitek profesional, jasa arsitek rumah online, jasa desain rumah, harga jasa desain rumah, jasa desain rumah online, harga jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah minimalis, jasa desain rumah minimalis sederhana, jasa desain rumah mewah, jasa desain rumah murah, jasa desain rumah minimalis 1 lantai, jasa desain rumah kita, jasa desain rumah kost, jasa desain rumah dan rab, harga jasa desain rumah per meter, jasa desain rumah minimalis 2 lantai, jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah per m2, jasa desain rumah online murah, jasa desain rumah elegan, jasa desain rumah minimalis modern 2 lantai, jasa desain rumah 2 lantai, jasa desain rumah tinggal, jasa desain rumah minimalis murah, jasa desain rumah klasik, jasa desain rumah modern, jasa desain rumah kecil, kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah, harga kontraktor rumah per meter, kontraktor rumah sakit, kontraktor rumah murah, rekomendasi kontraktor rumah, jasa arsitek dan kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah murah

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×