fbpx

Mengenal Material Kayu Alternatif Kayu Jati

Apapun gaya interior yang kamu pilih, furnitur dari kayu akan tetap menjadi pilihan. Namun karena harga dari kayu jati semakin hari semakin melunjak para konsumenpun memilih material lain, salah satunya kayu trembesi.

Memang kayu jati adalah material kayu yang paling populer di kalangan masyarakat karena daya tahan yang luar biasa. Namun sekarang persediaan kayu jati tidak seimbang dengan tingginya konsumen. Maka dari itu kayu trembesi disebut sebagai alternatif yang tak kalah kualitasnya dengan kayu jati.

Sebelum beralih ke kayu trembesi, ada baiknya kamu mengenal kayu ini terlebih dahulu!

Apa itu kayu trembesi

Kayu trembesi adalah kayu dari pohon Bergenus Albizia. Kayu jenis ini cukup mudah di temukan di Indonesia lebih tepatnya di kawasan Sulawesi, Maluku, Jawa, Kalimantan dan Nusa Tenggara. Pohon ini bisa tumbuh dalam waktu lebih cepat dibanding dengan pohon jati.

UNtungnya lagi, pohon kayu trembesi bisa tumbuh hingga 4 meter tingginya. Tentunya para pengrajin kayu menyukainya, karena akan mempermudah pekerjaan mereka untuk membuat kerajinan kayu yang panjang atau besar.

Karakteristik kayu trembesi

Karakteristik dari ayu trembesi jika di lihat dari tampilannya, di bagian tengah kayu berwarna gelap coklat tua dengan sedikit garis hitam dan warna putih di pinggiran kayu. Perbedaan warna kayu inilah yang membuat orang mudah untuk mengenali batasannya.

Kayu trembesi memiliki berat setara dengan kayu jati dan kayu akasia. Rata-rata beratnya mencapai 0,6 Kg per meter kubik, sehingga kayu ini tergolong dalam kayu yang memiliki berat yang cukup tinggi.

Untuk tingkat keawetannya, Kyu trembesi berada dalam kelas IV. Dari segi kekuatan kayu ini berada di kelas III. Jadi secara umum, tingkat kepadatannya berada di bawah level kayu jati. Meskipun kayu trembesi secara umum tingkat keawetannya di bawah kayu jati, paling tidak kayu ini cocok untuk enjadi alternatif pengganti kayu jati.

Bagaimana? apakah kamu sudah mengenal kayu trambesi ini? untuk pembahasan yang akan datang admin akan membahas kelebihan dan kekurangan dari kayu trembesi ini. jadi di tunggu ya!

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011