Mengenal Jendela Casement untuk Bangunan Rumah

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Mengenal Jendela Casement untuk Bangunan Rumah. Pemilihan jendela bukan hanya aspek fungsional saja yang diperhatikan, aspek estetika juga perlu di perhatikan. Selain menghasilkan sirkulasi udara rumah, pemilihan jendela yang baik bisa menambah nilai estetika rumah.

Salah satu jenis jendela yang bisa dipilih untuk memenuhi dua aspek tersebut adalah jendela casement. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini :

Jendela Casement

kohltech.com

Secara garis besar, jendela casement merupakan jenis jendela yang pada bagian bingkainya terpasang satu atau beberapa buah engsel. Umumnya, titik pemasangan ada pada sisi bingkai. Namun, ada juga yang memiliki titik pemasangan engsel di bagian atas bingkainya.

Salah satu ciri khas dari jendela ini adalah metode untuk membuka bagiannya, yang di mana harus mendorong ke arah luar bangunan. Tidak jarang, produk jendela ini juga dilengkapi oleh terpasang penyangga saat berada dalam kondisi terbuka.

Keberadaan jendela casement tersebut untuk menghindari jendela terbanding ketika ada hembusan angin yang kencang. Dalam praktiknya, jendela ini akan sangat cocok untuk kamu yang berada di wilayah pegunungan atau pada tempat dengan suhu cuaca yang sejuk. Dalam penggunaannya untuk kebutuhan rumah tangga, jendela casement terdiri atas dua bagian yang meliputi :

Jendela Awning 

Jendela Casement
greenmagazine.com.au

Casement awning merupakan jendela yang posisi engselnya ada di bagian atas bingkai. Dengan titik pemasangan engsel tersebut, jendela ini memiliki beberapa efek untuk bangunan.

Saat membukanya, kita harus mendorongnya ke arah luar bangunan. Kemudian, jendela ini akan mengarah ke atas jika posisinya dalam keadaan terbuka. Penggunaan jendela awning akan memberikan keuntungan apabila terjadi curah hujan secara lokal. Pasalnya, air hujan akan lebih sulit masuk melalui jendela ini walaupun posisinya dalam keadaan terbuka.

Apabila kamu tertarik memasang jendela jenis ini, ada baiknya untuk meninjau terlebih dahulu area pemasangannya. Jika berada di bagian luar, pastikan keberadaannya tidak mengganggu beraktivitas.

Jendela Hoppers 

Jendela Casement
doorwin.en.made-in-china.com

Casement hoppers dicirikan dengan pemasangan engsel yang ada di bagian samping bingkai jendela. Sama seperti berbentuk awning, keberadaan engsel di bagian samping berfungsi untuk memiliki beberapa efek bangunan dan segala aktivitasnya.

Keuntungan pertama dari pemasangan jendela ini di bangunan adalah dapat membukanya secara melebar. Engsel yang berada di samping memungkinkan untuk membuka lebar-lebar dibandingkan dengan jendela yang titik pemasangan engselnya di bagian atas bingkai. Terbuka jendela lebar bisa jadi solusi untuk kamu yang ingin memperoleh sirkulasi udara dengan angin masuk ke dalam ruangan.

Meski demikian, ada kekurangan yang perlu kamu ketahui tentang  casement hoppers. Pertama, jendela ini adalah kaca yang tidak dapat menahan beban yang terlalu berat.  Apabila kaca terpasang pada jendela terlalu berat maka ada potensi jendela tidak akan kuat untuk menahan beban tersebut.


Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan, kami membahas tentang rumah seperti desain terbaru, proses pembuatan, perencanaan dan lain-lain.


Tags :

wonosobo, banjarnegara, temanggung, magelang, yogyakarta, kontraktor interior, kontraktor interior design, interior kontraktor, jasa kontraktor rumah, jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor apartemen, jasa kontraktor gudang, jasa kontraktor hotel, jasa kontraktor terbaik di indonesia, jasa kontraktor kantor, jasa kontraktor lantai, jasa kontraktor lokal, jasa kontraktor rumah 2 lantai, jasa kontraktor per meter, jasa kontraktor renovasi rumah, jasa kontraktor rumah murah, jasa kontraktor taman, jasa kontraktor rumah terbaik, jasa arsitek rumah, jasa arsitek, jasa arsitek murah, jasa arsitek rumah mewah, jasa arsitek rumah minimalis, jasa arsitek desain rumah, jasa arsitek rumah murah, jasa arsitek renovasi rumah, jasa arsitek online, jasa arsitek rumah klasik, jasa arsitek dan desain interior, jasa arsitek profesional, jasa arsitek rumah online, jasa desain rumah, harga jasa desain rumah, jasa desain rumah online, harga jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah minimalis, jasa desain rumah minimalis sederhana, jasa desain rumah mewah, jasa desain rumah murah, jasa desain rumah minimalis 1 lantai, jasa desain rumah kita, jasa desain rumah kost, jasa desain rumah dan rab, harga jasa desain rumah per meter, jasa desain rumah minimalis 2 lantai, jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah per m2, jasa desain rumah online murah, jasa desain rumah elegan, jasa desain rumah minimalis modern 2 lantai, jasa desain rumah 2 lantai, jasa desain rumah tinggal, jasa desain rumah minimalis murah, jasa desain rumah klasik, jasa desain rumah modern, jasa desain rumah kecil, kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah, harga kontraktor rumah per meter, kontraktor rumah sakit, kontraktor rumah murah, rekomendasi kontraktor rumah, jasa arsitek dan kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah murah

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×