Mengenal Apa Itu Patio Pada Desain Hunian

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Mengenal Apa Itu Patio Pada Desain Hunian. Apakah kamu mengetahui apa itu patio? Istilah tersebut kadang di salah artikan sebagai dek halaman atau hanya sekadar teras. Fun fact, istilah patio mempunyai struktur dan sejarah tersendiri.

Agar kamu tak salah artikan istilah ini dengan yang lain, cek ulasan singkat dari patio ini.

Definisi Patio

ideaboz.com

Patio berasal dari bahasa Spanyol yang artinya halaman dari sebuah rumah atau bangunan. Makna halaman pada patio agak sedikit berbeda dari biasanya karena patio tidak dikelilingi oleh dinding. Konsep patio lebih pada area terbuka yang bersifat alami dan bersentuhan dengan tanah, tanpa harus ada platform atau dek tertentu. 

Secara umum, desain patio juga sangat fleksibel dan bisa disesuaikan dengan selera, bentuk, atau bahan bangunan yang digunakan. Kehadirannya juga bisa di bagian depan, samping, atau belakang rumah.

Fungsi

architectureartdesigns.com

Ruang ekstra

Cukup memiliki patio saja kalian sudah bisa menikmati momen santai di bawah hangatnya mentari. Tinggal tambahkan furnitur yang nyaman dan atur susunan duduk biar ada ekstra spot buat keluarga dan teman. 

Menjadi area transisi ke dalam rumah

Sebagai perpanjangan ke bagian rumah, patio bisa jadi konektor multifungsi supaya transisi dari outdoor ke indoor. Dengan demikian, pemanfaatan area jadi lebih maksimal, apalagi dengan tambahan lansekap cantik yang bikin rumah makin lega. 

Jadi fokus utama rumah/bangunan

Banyak ahli bangunan yang menggunakan teori focal point alias pusat utama dari sebuah rumah. Kehadiran patio bisa jadi elemen tunggal yang memberi bobot dan volume pada rumah secara keseluruhan.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan Layar. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *