fbpx

Beberapa menara di dunia sudah berusia ratusan tahun dan menjadi saksi bisu peristiwa bersejarah. Sebagaian lainnya di bangun pada era modern yang di buat dan dibaluti dengan kecanggihan pada masa pembuatannya.

Dari sekian menara tertinggi di dunia, berikut beberapa menara tertinggi yang ada di beberapa negara.

Canton Tower

wikimedia.org

Canton Tower berada di Cina, berdiri tegak hingga ketinggian 604 meter. Menara yang mulai beroperasi sejak September 2010 ini memiliki 37 lantai. Beberapa di antaranya dipergunakan sebagai observatorium, restoran, bioskop, pertokoan, dan pemancar sinyal telekomunikasi.

Arsitek Mark Hemel dan Barbara Kuit merancang Canton Tower dengan material utama dari besi dan beton. Desain menara ini begitu ramping dengan menggabungkan bentuk kerangka kolom, lingkaran, dan kawat penahan.

Area observasi dibuka untuk umum dan sifatnya terbuka di ketinggian 180 meter. Pada malam hari, lampu warna-warni akan dinyalakan sehingga menara terlihat indah.

Tokyo Skytree

wikimedia.org

Tokyo Skytree yang dibangun pada tahun 2008 dengan tinggi 634 meter ini merupakan sebuah menara siaran, observasi, dan restoran. Struktur Tokyo Skytree dibuat dengan rangka baja, dengan bagian inti yang dibangun untuk menstabilkan keseluruhan struktur ketika ada angin kencang dan gempa.

Teknologi dalam menara ini pun sangat mengagumkan. Ada lift dengan kecepatan 600 meter per menit yang mampu mengangkut 40 penumpang sekali jalan, ruang penuh cermin yang mampu membuat pengunjung merasa seolah sedang melayang, dan juga lintasan memutar yang menghubungkan lantai 445 hingga 450. Pada malam hari, menara dihias dengan cahaya lampu LED warna-warni.

Ostankino Tower

peakpx.com

Sekarang kita beralih ke Rusia untuk melihat Ostankino Tower yang menjulang hingga ketinggian 540 meter. Menara yang selesai dibangun pada tahun 1967 untuk keperluan memancarkan sinyal TV dan radio ini memiliki desain yang sangat ramping dan terlihat seperti roket. Selain itu, ada juga restoran dan dek observasi yang terbuka untuk umum.

Pada tahun 2000, sempat terjadi musibah kebakaran yang menewaskan tiga orang dan mengganggu sinyal TV serta radio. Setelah direnovasi, menara ini kembali dibuka untuk umum dan memancarkan sinyal telekomunikasi.

Menara CN

pxhere.com

Menara tertinggi ketiga di dunia adalah CN Tower dengan tinggi 553,33 meter. Berada di kota Toronto, Kanada sejak tahun 1973, struktur CN Tower terbuat dari pilar beton. Di bagian paling atas, terdapat antena untuk menyalurkan sinyal TV dan radio.

Pengunjung bisa memasuki area SkyPod di ketinggian 447 meter untuk menikmati pemandangan sejauh 120 km. Ada juga area Glass Floor di mana pengunjung bisa berjalan di atas kaca untuk menjajal sensasi melayang di udara.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011