Saat ini desain rumah minimalis menjadi konsep hunian yang diidolakan dalam bisnis properti. Mulai dari hunian kelas entry level hingga menengah banyak yang mengaplikasikan denah rumah minimalis. Meskipun menggunakan kata “minimalis”, tidak menjadikan hunian tersebut menjadi sesuatu yang disepelekan. Karena pada penerapannya konsep minimalis membutuhkan ketepatan ide, pemanfaatan lahan yang maksimal dan terkadang membutuhkan budget yang tidak minimal. Pemanfaatan lahan untuk memaksimalkan ruangan berkaitan dengan bagaimana memilih konsep rumah minimalis. Semakin baik denahnya, maka semakin banyak lahan yang bisa dimanfaatkan.

Prinsip Pemilihan Denah Rumah Minimalis

Rumah minimalis biasanya dibangun di atas lahan yang tidak terlalu luas dengan bangunan yang tidak terlalu besar. Untuk menyiasati kebutuhan akan ketersediaan ruangan pada rumah minimalis tentunya diperlukan pemanfaatan lahan yang maksimal kegunaannya. Maksimal di sini maksudnya bukanlah semua lahan dihabiskan untuk area bangunan, akan tetapi bagaimana memanfaatkan lahan yang tidak terlalu luas namun tetap bisa menyediakan ruangan yang cukup untuk seluruh penghuni rumah dan mampu mendukung aktifitasnya.

Karena dibangun di atas lahan yang tidak terlalu luas, rumah minimalis biasanya mengaplikasikan konsep hunian 2 lantai untuk penambahan luas bangunannya. Namun demikian tidak semua rumah minimalis mengadopsi hunian 2 lantai untuk pemanfaatan lahannya. Hal ini tentunya disesuaikan dengan kebutuhan akan ruangan (seperti ketersediaan kamar) dan biaya yang ingin dihabiskan untuk membangun ruang hunian.

Denah Rumah Minimalis Modern dapat diaplikasikan bagi pemilik hunian yang mengedepankan nilai estetika sebuah rumah yang elegan namun tetap mendapatkan kesan minimalis. Rumah minimalis modern pada umumnya dilengkapi dengan kebutuhan masyarakat modern seperti garasi mobil ataupun car port dan adanya gazebo.

Contoh rancangan desain rumah minimalis :

rumah-1-lantai-3-kamar-tidu

rumah-2-lantai-3-kamar-tidu

Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur dapat diaplikasikan pada rumah minimalis 2 lantai maupun 1 lantai. Namun hal yang perlu diingat adalah perbedaan pemanfaatan dan luas ruangan yang dimiliki. Jika diaplikasikan pada rumah minimalis 2 lantai, perlu diperhatikan berapa kamar yang ada di lantai 1 dan berapa di lantai 2. Sedangkan pada rumah 1 lantai harus diperhatikan luas lahan dengan teliti sehingga lahan tidak hanya terpakai untuk kamar tidur saja.

 

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011

×