Membuat Partisi Ruangan Sederhana

Dipublikasikan oleh sakti desain pada

Konsep rumah yang minimalis menjadikan kita sedikit dituntut kreatif bila ingin lebih banyak fungsi di dalamnya.  Perkembangan penghuni rumah kadangkala menuntut kita untuk mengubah tata letak isi rumah atau bahkan menambah ruang misalnya ketika anggota keluarga bertambah. Bila harus membuat lagi ruang baru kadangkala akan menyulitkan, selain akan membuat biaya membengkak kita perlu memikirkan tata letaknya.

Salah satu cara murah dan mudah adalah dengan mempartisi ruangan yang ada dengan furniture rumah yang kita miliki seperti lemari atau sofa. Atau kita bisa menggunakan sekat portable yang terbuat dari bahan kayu atau tripleks sehingga tidak perlu membuat ruangan baru hanya untuk sekedar memisahkan ruang untuk beraktifitas.

Berikut ini macam-macam partisi yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan anda:

  1. Partisi model lipat

partisi1

Partisi Kayu Lipat Dengan Motif Lukisan

partisi2

Partisi Kayu Lipat Berbahan Kertas Bermotif Lukisan

Model ini adalah model yang paling ringkas dan murah. Bentuknya yang tidak terlalu besar memudahkan untuk dipindah-pindah jika tata ruang dalam rumah sering berubah. Dengan menggunakan model kayu lipat ini mempartisi ruangan menjadi lebih mudah karena sifatnya yang portable. Jumlah lipatan, bahan dan motifnya cukup bervariasi. Ada yang bahnnya berupa kayu untuh dengan ukir-ukiran maupun berbahan kayu dengan kertas bergambar.

2. Partisi model rak

partisi3

Partisi Ruangan Berupa Rak

partisi4

Partisi Rumah Berupa Rak Penyimpan

Tidak hanya berfungsi sebagai pemisah ruangan, namun partisi dengan model rak juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan atau menaruh barang-barang semacam hiasan, buku-buku atau apapun yang anda miliki menyesuaikan dengan fungsi ruangan yang anda miliki.

3. Partisi model papan

partisi5

Model Partisi Urban Kontemporer

contoh-partisi-sederhana-kayu

Partisi Sederhana Dari Kayu Dengan Anyaman

Partisi ini memang tidak begitu besar dan tidak bisa dilipat alias semi permanen. Cocok untuk anda yang tidak terlalu sering berpindah-pindah atau berganti tata letak perabot rumah anda.

4. Partisi model kayu berjajar

partisi7

Partisi Batangan Kayu Berjajar Vertikal

partisi7

Partisi Kayu Berjajar Horizontal

Dengan model partisi kayu berjajar meminimalkan bahan baku karena banyaknya rongga. Partisi ini semi-dinding, sehingga aktifitas di dua ruangan yang beda masih tetap dapat terpantau dengan baik. Yang umum adalah kayu-kayu yang dijajarkan secara vertikal atupun horizontal untuk memisah ruangan. Pilihan bentuk kayu-nya pun bisa disesaikan dengan selera anda, baik yang berbentuk simetris atau kayu-kayu untuk yang panjang disusun berjajar.

5. Partisi model dinding kayu

partisi8

Partisi Kayu

partisi9

Penyekat Ruangan Kayu Sederhana

Partisi dengan bahan kayu ini tergolong minimalis namun dapat memunculkan kesan elegan. Bahan kayu memang cenderung mahal. Partisi ini benar-benar memisahkan sebuah ruangan menjadi dua karena bersifat permanen.

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *