Memanfaatkan Pekarangan Rumah Sebagai Lahan Pangan

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Memanfaatkan Pekarangan Rumah Sebagai Lahan Pangan. Sekarang ini pekarangan sebuah rumah sudah banyak disulap untuk berbagai hal yang menarik. Mulai dari kebun yang paling umum, lahan pangan, tempat bermain hingga kolam renang. 

Pada masyarakat umum sudah banyak yang membuat area depan rumah mereka menjadi kebun atau lahan pangan. Dengan kehadiran lahan pangan ini, kamu bisa berhemat dan mendapatkan bahan makanan yang kualitasnya bisa terjamin.

Yuk manfaatkan area depan rumahmu untuk lahan pangan dengan langkah-langkah berikut :

Menentukan Jenis Tanaman

lahan pangan
gardeningknowhow.com

Ada banyak pilihan tanaman yang dapat kamu hadirkan di pekarangan rumah. Cara mudah untuk menentukannya adalah bahan pangan apa yang menjadi favorit keluarga, kemudahan perawatan, dan masa panen yang singkat. Misalnya, sawi, bayam, tomat, selada, mangga, jeruk, dan pepaya. 

Di samping itu, ada juga pilihan tanaman obat dan rempah-rempah. Fungsinya untuk meringankan gejala penyakit serta menambah cita rasa makanan. Sebut saja seperti bawang putih, jahe, kunyit, serai, dan masih banyak lagi.

Mengolah Tanah

soils-plus.com

Bicara soal lahan pangan, hal utama untuk hal tersebut adalah tanah. Oleh karena itu, kamu perlu mengolah tanah dengan tepat terlebih dulu. Kegiatan ini diawali dengan membersihkan pekarangan rumah dari benda tak terpakai dan tanaman liar. Hindari penggunaan bahan kimia untuk menjaga kualitas tanah. 

Selanjutnya, lakukan penggemburan tanah di area pekarangan rumah. Kamu bisa menggunakan pupuk organik atau menyebar cacing tanah secara merata. Cacing tanah cukup ampuh untuk menyuburkan tanah karena mereka membuat lubang yang menjadi jalur masuk air dan oksigen.

Menentukan Tata Letak

lahan pangan
almanac.com

Pada dasarnya, semua jenis tanaman membutuhkan sinar matahari untuk berfotosintesis. Dengan demikian, kamu perlu menentukan tata letak tanaman sesuai dengan ukuran tanaman dan arah datang sinar matahari.

Tanaman berukuran kecil ditanam di bagian timur, sedangkan tanaman berukuran besar ditanam di bagian barat. Tata letak tanaman di pekarangan rumah ini bertujuan supaya semua tanaman mendapat sinar matahari.

Jika kamu sudah menata tanaman sesuai kebutuhan sinar matahari, berikutnya bisa ditata secara estetik. Misalnya, tanaman yang sejenis dikelompokkan menjadi satu dan diberi batas pagar mungil. Bila memungkinkan, tata tanaman berdasarkan warna.

Opsi Tata Letak

lahan pangan
ugaoo.com

Tidak semua pekarangan rumah berukuran besar. Namun, jangan berkecil hati karena ada beberapa opsi untuk tetap memiliki lahan pangan di pekarangan rumah mungil. Pertama, ada tanaman buah dalam pot. Ukurannya kecil dan perawatannya mudah. Untuk sayur-mayur, kamu bisa gunakan pot berukuran sedang dan letakkan pada rak.

Ada juga opsi bercocok tanam dengan teknik hidroponik yang tidak membutuhkan tanah dan dapat disusun secara vertikal.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan Layar. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *