Memahami Apa Itu Ventilasi Silang Rumah. Orang memiliki beberapa tipe orang yang suka berhemat dan suka berhamburan. Kamu tipe yang mana? jika kamu termasuk tipe yang hemat terutama sola energi mungkin sedikit sulit. Karena kondisi iklim indonesia yang sering memicu pemakaian pendingin ruangan secara terus-terus meskipun kamu sudah berusaha untuk menghemat energi listrik.

Tenang, sekarang ada solusi untuk itu yaitu ventilasi silang. Ventilasi ini bisa dimanfaatkan untuk menyejukkan ruangan dalam rumah. Dengan demikian kamu bisa memaksimalkan usaha untuk lebih hemat energi. Lalu apa itu ventilasi silang? cek penjelasannya di bawah ini!

Mengenal Sistem Ventilasi Silang untuk Rumah

ventilasi silang rumah
build.com.au

Ventilasi silang atau cross ventilation adalah metode sirkulasi udara pada suatu hunian yang memanfaatkan dua jalur bukaan dengan posisi saling berhadapan di dalam satu ruangan. Jalur bukaan yang dimaksud bisa berupa jendela, pintu, atau lubang angin yang umumnya terletak di bagian atas dinding atau atap.

Sistem ventilasi silang bekerja dengan memanfaatkan perbedaan antara area tekanan tinggi dan rendah yang tercipta dari aliran udara. Perbedaan tekanan pada kedua sisi bangunan ini akan menciptakan sebuah perputaran udara keluar masuk, yaitu udara segar masuk dari satu sisi dan mendorong udara yang pengap keluar dari sisi lainnya.

Menghadirkan Ventilasi Silang Paling Ideal

ventilasi silang rumah
pinterest.com

Berikut ini merupakan ciri- ciri rumah yang cocok untuk menggunakan ventilasi silang:

  • Ukuran rumah relatif sempit
  • Posisi rumah terpapar sinar matahari
  • Posisi rumah menyilang terhadap arah angin
  • Posisi rumah terbuka atau tidak terlalu masuk ke dalam gang kecil
  • Rumah di lingkungan yang rendah polusi udara dan suara

Jika kamu hendak menerapkan sistem ventilasi silang, perhatikan juga standar dan ketentuan dari penggunaan ventilasi silang tersebut. Pakailah ventilasi silang yang sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI), Dengan luas bukaan sekitar 20% dari luas lantai ruangan. Khusus untuk lubang ventilasi rumah tinggal, seperti jendela, minimal adalah 5% dari luas bangunan. Sementara itu, untuk bangunan kantor, pabrik, dan fungsi publik, minimal 10% dari luas ruangan.

Ventilasi silang juga sebaiknya dibuat saling bersilangan, seperti atas-bawah atau kiri-kanan. Selain itu, prioritaskanlah lubang keluar, misalnya kamu menerapkan ventilasi silang atas-bawah, maka lubang keluarnya lebih baik dibuat di atas karena hawa panas biasanya lebih ringan. Untuk memaksimalkan kinetik angin, hindari penggunaan blok atau partisi besar di tengah-tengah rumah.

Kamu juga harus tahu bahwa ventilasi silang di dalam rumah juga bisa dimaksimalkan dengan kipas angin dinding untuk semakin mempercepat perputaran udara atau menghisap udara keluar tanpa harus menguras energi listrik terlalu banyak.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan. Dan juga cek channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.

ARTIKEL TERKAIT


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011

×