fbpx

Kondisi bumi yang semakin hari semakin panas akibat pemanasan global. Kontribusi manusia terhadap perubahan ini sangat drastis. Untuk mengurangi hal tersebut, manusia mulai beralih ke material ramah lingkungan seperti kantong plastik belanja.

Tak hanya keperluan sehari-hari, material ramah lingkungan juga ada yang digunakan untuk membangun rumah loh. Penasaran apa saja materialnya? simak artiklnya di bawah ini!

Bahan alam

Jerami

Jerami sebenarnya sudah cukup lama digunakan untuk menutup bagian atap rumah bahkan jerami masih digunakan sebagai atap gazebo dan material ramah lingkungan, khususnya untuk dinding.

Jika kamu menggunakan material jenami ini, kamu akan mendapatkan keuntungan seperti isolator panas yang baik, meredapkan suara. Material jerami memiliki harga yang murah dan juga mudah di temukan.

Bambu

Material bambu, material ramah lingkungan yang digunakan sebagai pengganti kayu. Salah satu material ramah lingkungan yang kian populer, karena sangat kuat dalam menopang beban berat, meski memiliki bobot ringan.

Tanaman ini bisa tumbuh dengan cepat di alam bebas sehingga tidak ada kekhawatiran akan berkurangnya stok bambu, namun jika tidak ada lahan kosong untuk habitat bambu ini, tidak memungkinkan akan bernasib sama dengan material kayu.

Tanah

Pernahkah kamu terpikir untuk menggunakan tanah yang dipadatkan sebagai material ramah lingkungan untuk membangun rumah? Faktanya teknik ini sudah diterapkan oleh nenek moyang kita sejak ribuan tahun lalu dan terbukti kalau material ini tahan lama. Bahkan banyak video-video yang menunjukkan cara hidup primitif mungkin!.

Tanah yang dipadatkan ini dijadikan sebagai material ramah lingkungan pengganti beton yang kualitas dan kekuatannya tidak kalah saing.

Bahan Buatan

Baja ringan

Orang-orang biasanya membangun rumah menggunakan kayu sebagai kerangka atap dan kusen jendela. Namun, karena meningkatnya permintaan atas kayu mengakibatkan penggundulan hutan secara massal.

Untuk alternatifnya, kamu bisa memanfaatkan rangka atap baja ringan yang tidak kalah kuat dari kayu. Karena baja ringan juga dapat didaur ulang berkali-kali, dan juga akan menghemat biaya perawatan, karena tidak membutuhkan obat antirayap.

Hempcrete


brightonpermaculture.org.uk

Dianggap sebagai material ramah lingkungan, hempcrete adalah beton modern yang dibuat menggunakan serat tanaman hemp. Serat tanaman itu dicampur dengan kapur sehingga bentuk adonannya menyerupai beton biasa.

Bobotnya lebih ringan, namun kuat menahan beban berat. Hempcrete ini disebut sebagai material ramah lingkungan karena persediaan tanaman hemp di alam bebas sangat banyak, disebabkan oleh proses pertumbuhan tanaman hemp yang begitu cepat dan berkelanjutan.

Ashcrete


ashcretech.com

Ada inovasi material ramah lingkungan yang diberi nama ashcrete. Sesuai dengan namanya, ashcrete ini dibuat menggunakan abu yang merupakan hasil pembakaran batu bara. Kehadiran ashcrete ini disebut-sebut mampu menggantikan penggunaan semen tradisional dan material ini mempunyai daya rekat yang sangat kuat.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011