Manfaat-Manfaat Si Cantik Bunga Telang. Bunga telang termasuk dalam kategori tanaman perdu dan tingginya bisa mencapai lima meter. Tanaman ini pada awalnya tumbuh liar di indonesia, namun saat ini bunga telang menjadi populer untuk digunakan sebagai tanaman hias.

Selain untuk menambah keindahan rumah, ternyata bunga telang ini juga kaya akan manfaat khususnya untuk kesehatan. Hampir seluruh bagian bunga telang ini dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Penasaran, dikutip dari halo sehat berikut ulasannya.

Manfaat bunga telang
specialtyproduce.com

Membantu mengatasi gangguan kecemasan

Salah satu manfaat yang ditawarkan dari bunga telang ini adalah membantu orang yang sedang mengalami gangguan kecemasan. 

Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian dari jurnal Ancient Science of Life tentang penggunaan teh bunga telang dan yoga terhadap gangguan kecemasan. Di dalam penelitian tersebut terdapat 30 penderita gangguan kecemasan yang dibagi menjadi tiga kelompok. 

Pada kelompok A, para peserta diberikan akar bunga telang yang telah dicampur dengan susu selama satu bulan. Peserta di kelompok B menggunakan teknik yoga sebagai metode pengobatan alternatif. Sedangkan para peserta dalam grup C diberikan keduanya. 

Hasilnya, peserta di kelompok C memperlihatkan perkembangan yang cukup berarti dalam proses penyembuhan mereka dibandingkan kelompok terapi tunggal. 

Memang hasil dari penelitian tersebut cukup menjanjikan namun diperlukan uji coba lainnya, misalnya melihat bagaimana cara kerja bunga telang terhadap gangguan kecemasan.

Mengandung senyawa antioksidan

Seperti yang sudah diketahui bahwa antioksidan sangat penting dalam tubuh karena membantu melawan radikal bebas di tubuh. Radikal bebas tersebut memiliki efek buruk terhadap kesehatan Anda, sehingga antioksidan diperlukan dalam tubuh. 

Anda bisa memperoleh antioksidan dari makanan dan minuman, seperti bunga telang ini. 

Pada 2013 terdapat sebuah penelitian yang membandingkan kandungan antioksidan pada bunga telang yang sudah diekstrak. Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences ini memperlihatkan ekstrak metanol bunga telang ternyata kaya antioksidan. 

Oleh karena itu, manfaat bunga telang di masa depan mungkin dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk menghambat hormon oksidatif di tubuh. 

Membantu menyembuhkan diabetes

Menurut sebuah penelitian dari BMC Complementary and Alternative Medicine, bunga telang memiliki senyawa yang bermanfaat bagi penyandang diabetes. Terdapat 15 peserta berjenis kelamin pria yang mengonsumsi lima jenis minuman, termasuk teh bunga telang. 

Setelah minum kelima minuman tersebut, terlihat bahwa kandungan antioksidan dalam tubuh pria yang sehat meningkat. Bahkan, bunga telang yang dicampur dengan sukrosa juga membantu mengurangi glukosa dan konsentrasi insulin seiring dengan meningkatkan antioksidan.

Walaupun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk melihat apakah bunga telang dapat digunakan untuk mengontrol kadar gula darah ketika dicerna dengan karbohidrat. 

Mempercepat penyembuhan luka

Selain baik untuk kesehatan, ternyata manfaat bunga telang yang bisa Anda peroleh adalah bisa mempercepat penyembuhan luka. Hal ini dibuktikan melalui sebuah uji coba menggunakan hewan percobaan yang diberikan ekstrak biji dan akar bunga telang. 

Di dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa ekstrak biji tumbuhan ini mengandung flavonol glikosida dan ekstrak tanaman mempunyai senyawa fenolik di dalamnya. Para peneliti tersebut percaya keduanya dapat mempercepat penyembuhan luka karena bersifat anti-inflamasi. 

Bunga telang memang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan Anda. Jika kamu kurang yakin, kamu bisa konsultasikan terlebih dahulu sebelum menggunakan bunga ini.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan. Dan juga cek channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.

ban saktidesain

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011

×