fbpx

Minyak esensial atau essential oil adalah ekstrak minyak beraroma wangi yang didapatkan dari hasil penyulingan kulit kayu, bunga, daun, akar, biji, batang, dan bagian tanaman lainnya.

Sebagian besar dari kita, minyak esensial lebih dikenal sebagai minyak aromaterapi karena bau harumnya yang mampu memberikan efek psikologis ketika menghirup aromanya. Namun perlu kamu ketahui, minyak ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan loh!

Penasara apa saja manfaatnya? langsung saja cek di bawah ini!

Membantu melancarkan pencernaan

Minyak esensial juga memiliki kemampuan untuk mengobati masalah pencernaan seperti diare, mual atau kram perut. Kamu bisa mengoleskan minyak peppermint di area perut. Senyawa peppermint bisa menenangkan otot pencernaan dan membantu mengeluarkan gas sakit perut.

Membantu mengatasi infeksi pada kulit

Jika kamu memiliki permasalahan pada kulit seperti iritasi kulit atau jerawat, kamu bisa menggunakan minyak esensial untuk mengatasi berbagai gangguan kulit tersebut. Gunakan minyak esensial tea tree yang bersifat antibakteri, antijamur dan antiseptik. Tea tree oil dikenal ampuh untuk mengatasi infeksi kulit, bahkan sangat populer sebagai salah satu bahan utama perawatan untuk wajah berjerawat.

Mengobati flu dan pilek

Flu dan pilek bisa datang di mana saja dan kapan saja, terutama ketika musim pancaroba dan musim penghujan tiba. Jika musim flu tiba, kamu bisa menggunakan minyak esensial kayu putih (eukaliptus) secara rutin.

Kandungan esensial kayu putih yang berupa antibakteri yang bisa merilekskan otot-otot hidung. Campurkan beberapa tetes minyak esensial eukaliptus ke dalam air hangat agar bisa dijadikan aromaterapi.

Mengatasi stres dan kegelisahan

Kemampuan minyak esensial memang tidak bisa diragukan lagi, apalagi untuk memengaruhi psikologis seseorang. Salah satunya adalah untuk mengurangi stres dan gangguan kecemasan atau anxiety disorder.

Kamu bisa mencoba menggunakan minyak esensial dari bunga lavender atau peppermint yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan hormon kortisol atau hormon yang diproduksi lebih banyak saat sedang stres agar selalu stabil.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan minyak esensial dari chamomile yang bisa membantu relaksasi tubuh. Manfaat minyak atsiri dari chamomile adalah juga untuk melepaskan pikiran dari stres yang tak berkesudahan.

Taruh minyak esensial di dalam ruangan yang paling sering kamu tempati seperti kamar tidur sambil melakukan relaksasi.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011