fbpx

Manfaat-Manfaat dari Rumput Teki!

Rumput teki adalah gulma pertanian yang biasa tumbuh di lahan terbuka. Rumput teki bersifat sangat adaptif dan menghasilkan umbi namun pertumbuhannya sering kali sulit dikendalikan, cepat menyebar serta dapat tumbuh hingga 1 meter pada berbagai kondisi baik itu tanah subur maupun kering.

Banyak yang mengira tanaman teki adalah tanaman jahat, namun ternyata itu salah, tanaman teki memiliki bebrapa manfaat untuk kesehatan tubuh. Untuk itu dari pada kamu rantas, lebih baik ketahui manfaatnya berikut ini!

Umbi untuk obat menstruasi

Umbi dari rumput teki dapat digunakan untuk mengobati mentruasi pada wanita. Untuk meracik ramuan tersebut, pertama kamu harus menyiapkan umbi rumput teki dan mencucinya sampai bersih. Lalu haluskan umbi setelah itu rebus hingga mendidih. Setelah proses pembuatan selesai, minum hasil rebusan ersebut secara teratur.

Manfaat tersebut dihasilkan dari kandungan minyak atsiri pada umbi rumput teki, di mana proses penguapan minyak menghasilkan efek esterogenik skala sedang untuk pengobatan masalah mentruasi yang tidak teratur pada wanita.

Umbi untuk kompress demam

Jika kamu demam, kamu juga dapat mengobatinya dengan mengggunakan umbi dari rumput teki. Caranya pertama haluskan umbi kemudian campurkan dengan sedikit air dan kompres menggunakan ramuan tersebut hingga suhu tubuh mulai berkurang. Hal ini di sebabkan adanya aktivitas antipiretik dalam skala cukup tinggi yang efektif menurunkan demam.

Umbi untuk obat kencing batu

Umbi rumput teki tidak hanya untuk obat mentruasi dan kompres demam, namun juga bisa untuk mengobati kencing batu. Dengan pengolahan yang sama untuk membuat obat mentruasi, minuman ini dapat melancarkan saluran pembuangan air kecil yang tertahan secara efektif akibat penggumpalan garam karena memiliki sifat diuretik. Bahkan ramuan ini juga sangat optimal untuk meningkatkan jumlah air dalam tubuh.

Umbi untuk mengobati masalah pencernaan

Umbi rumput teki juga memiliki senyawa aktif dan enzim untuk merangsang biokimia yang mempengaruhi sistem pencernaan. Maka demikian penggunaan umbi sangat bagus untuk melancarkan buang air besar, mengobati diase gangguan usus, serta masalah pencernaan lainnya.

Mengatasi tekanan darah tinggi

Estrak rumput teki bisa mengatasi tekanan darah tinggi, menurunkan resiko hipertensi, menurunkan kolestrol jahat, menurunkan gula darah serta mempercepat proses pembekuan darah untuk menyembuhkan luka baru(untuk menyembuhkan luka kamu cukup kompres romput teki pada luka sampai kering setelah itu basuh sampai bersih).

Obat antiinflasi

Penelitian lain terkait extrak rumput teki adalah ditemukannya antiinflasi yang tinggi berkat kandungan triterpenoid. Dengan mengonsumsi ektrak rumput ini secara rutin, penyakit seperti diabetes, gangguan hati serta ginjal bisa diobati secara alami.

Efek samping

Efek samping dari mengkonsumsi rumput teki memang jarang terjadi, namun peneletian menemukan efek samping berupa sembelit dan penurunan tekanan dara. Maka dari itu jika kamu mengkonsumsi tanaman ini berhati-hati dan tidak berlebihan.

Setelah membaca artikel ini kamu tahu bukan manfaat pada rumput teki? Memiliki khasiat untuk kesehatan bisa kamu manfaatkan dan mengobati dengan cara alami dari pada mengkonsumsi obat kimia.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011